Wujudkan Program Sekolah Penggerak, Demi Kemajuan Pendidikan

BANDUNG BARAT – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggulirkan program Sekolah Penggerak.

Program ini fokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik mencakup kompetensi (literasi serta numerasi) juga karakter.

Di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sendiri, program ini telah dilakukan dengan harapan mampu memberikan kemajuan bagi setiap sekolah.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Dadang A. Sapardan menjelaskan, sekolah penggerak sebagai upaya untuk peningkatan dunia pendidikan.

 

“Sekolah penggerak diharapkan menjadi satuan pendidikan yang mengarahkan pada upaya peningkatan pendidikan. Sekolah ini dimungkinkan menjadi katalisator perubahan ke arah kemajuan,” kata Dadang saat dihubungi Jabar Ekspres, Kamis (24/11) lalu.

Program Sekolah Penggerak sendiri, kata dia, lebih menguatkan pada ekosistem belajar, baik pada sisi manajemen sekolah.“Penguatan ekosistem belajar, baik pada sisi manajemen sekolah maupun pada sisi manajemen pembelajaran,” katanya.

Dalam sekolah penggerak ini, profil pelajar Pancasila, kata Dadang, lebih ditekankan.“Jadi tampilan profil pelajar Pancasila itu lebih dimunculkan di antaranya mengarah pada tampilan siswa yang memiliki kompetensi kognitif dan non-kognitif (karakter),” tuturnya.

’’Oleh karenanya, sosok pelajaran Pancasila tidak menihilkan pembentukan karakter pada siswa sebagai subjek kebijakan program ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *