Unpas Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

Jabarekspres.com  – Aksi kemanusiaan ditunjukan oleh civitas alademi Universitas Pasundan dengan mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa di Cianjur.

Bersama tim gabungan bencana cianjur mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat terdampak gempa di Cianjur, Sabtu (26/11).

Untuk menyalurkan bantuan ini, pihak kampus juga melakukan kordinasi dengan relawan gabungan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), alumni, dan fakultas.

Tim Gabungan ini dibentuk oleh Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU yang diketua Dr. Helmi dan Sekretaris Hafidz Fattahurrahman Pramadia.

Wakil Rektor III Unpas Dr. H. Deden Ramdan, M.Si mengatakan, sebelumnya Unpas sudah mengirimkan tim gabungan pendahulu yaitu dari Fakultas Kedokteran (FK), Pramuka, dan Korps Sukarela untuk melakukan asesmen di lokasi.

“Setelah tim pendahulu melaporkan kondisi di sana, kami akan mengirimkan relawan gabungan sebagai personel tambahan di bawah pimpinan FK Unpas,” jelasnya.

Hal ini, kata dia, agar relawan yang turun terintegrasi dengan baik, sehingga pengerahan SDM di lapangan lebih terkoordinasi.

“Relawan dibekali kemampuan penanggulangan bencana karena akan melakukan rekonstruksi, rehabilitasi, dan pemulihan (trauma healing) pascabencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor II Unpas yang sekaligus Person In Charge (PIC) Pengggalangan Bantuan Bencana Alam Cianjur, Dr. Ir. H. Yudi Garnida, MP mengatakan, pendistribusian bantuan ini merupakan tahap pertama dari wilayah Bandung 2.

“Unpas bertugas mengoordinir dan menghimpun, hari ini mulai mendistribusikan bantuan tahap pertama,” katanya.

“Kami juga sudah mengirimkan surat ke perguruan tinggi yang di bawah koordinasi Unpas, bantuan masih kami buka,” lanjutnya.

Dikatakan Dr. Yudi, LLDIKTI IV masih membuka penyaluran donasi hingga 29 November 2022. Nantinya, pendistribusian selanjutnya (tahap 2) akan dilaksanakan antara 30 November – 1 Desember 2022.

“Dikarenakan bantuan harus segera didistribusikan, Unpas langsung bergerak cepat mengirimkan bantuan,” ujarnya.

Adapun bantuan tahap pertama yang disalurkan di antaranya selimut, pakaian, bensin, tikar, air mineral, dan makanan.

Bantuan dikirimkan ke Posko LLDIKTI IV yang berlokasi di Universitas Putra Indonesia (UNPI) Cianjur. Selanjutnya, bantuan akan didistribusikan ke sejumlah kecamatan yang terdampak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan