Dubes Indonesia untuk Finlandia Terkesan dengan Transformasi Digital Sumedang

Jabarekspres.com – Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri turut bangga dan mengapresiasi atas capaian Kabupaten Sumedang dalam transformasi digital.

Hal itu ia sampaikan saat menerima delegasi Benchmarking Digital Services dari Kabupaten Sumedang yang dipimpin Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Wisma Duta Helsinki, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Finlandia, Rabu, 23 November 2022.

Menurut Dubes, salah satu pencapaian yang mengesankan dari Kabupaten Sumedang berdasarkan paparan Bupati adalah transformasi digital.

Transformasi Digital Sumedang
Duta Besar Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri saat menerima delegasi Benchmarking Digital Services dari Kabupaten Sumedang yang dipimpin Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di Wisma Duta Helsinki KBRI untuk Finlandia, Rabu (23/11)

Mengingat perkembangan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, dia sangat setuju dengan langkah-langkah yang diambil Pemda Kabupaten Sumedang.

“Tidak menyangka, ternyata prestasinya membanggakan. Sudah saatnya kita berubah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi. Itu akan membantu meningkatkan kualitas kebijakan dan akan membawa kita kearah yang lebih baik,” ucapnya.

Ia pun berharap kunjungan kerja tersebut bisa mendorong peningkatan capaian e-Government dan peningkatan pelayanan publik di Sumedang.

“Saya sarankan agar website Kabupaten Sumedang diperbaiki agar menjadi kebanggaan semua, termasuk keluarga besar KBRI di Finlandia,” tuturnya.

Ia juga mengajak Kabupaten Sumedang untuk mengikuti pameran dagang Indonesia di Helsinki Finlandia pada bulan Juni 2023. Untuk itu, Sumedang agar menyiapkan berbagai produk unggulan yang bisa menembus pasar Finlandia dan Eropa.

“Sementara ini komoditas yang masuk langsung ke Finlandia dari Indonesia sangat terbatas, yakni hanya Kopi. Melalui pameran tersebut diharapkan akan ada terobosan pasar untuk produk-produk unggulan lainnya seperti kerajinan, makanan olahan dan lainnya,” tuturnya.

Di hadapan Dubes RI untuk Finlandia Bupati Dony menjelaskan bahwa Sumedang memiliki visi mewujudkan Sumedang Happy Digital Region, yakni Kabupaten yang sejahtera dan bahagia masyarakatnya dengan teknologi informasi sebagai alatnya.

“Berbagai layanan publik telah didigitalisasi, antara lain dalam penanganan Stunting ada aplikasi SIMPATI, serta berbagai layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Ada juga Mal Maya Pelayanan Publik yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence dan Metaverse,” jelas Bupati.

Alasan dipilihnnya Finlandia sebagai tujuan kunjungan delegasi menurut Bupati adalah kemudahan dan kecepatan berbagai layanan publik melalui e-Government.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *