Ratusan Mahasiswa Buru Beasiswa Pancakarsa 2022

BOGOR – Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Kabupaten Bogor mencatat serta menetapkan sebanyak 107 mahasiswa penerima beasiswa pancakarsa pada tahun 2022.

Mereka sedang menjalani proses penerimaan beasiswa pancakarsa dengan selektif dan melakukan verifikasi dan validasi data.

Kadispora Kabupaten Bogor Asnan AP menjelaskan, program beasiswa Pancakarsa merupakan program unggulan milik Pemkab Bogor yang ada dalam leading sektor Dispora.

 

“Program ini sangat bagus dan sangat membantu masyarakat Kabupaten Bogor yang tengah menyekolahkan anaknya di bangku kuliah,” kata Asnan AP kepada media, Kamis (24/11).

Dirinya mengapresiasi kinerja Bidang Kepemudaan dan Tim Panitia Seleksi Beasiswa Pancakarsa yang melakukan seleksi secara transparan.

“Saya apresiasi karena dalam beasiswa ini harus transparan dalam melakukan verifikasi maupun validasi data calon penerima beasiswa,” tambahnya.

Kabid Kepemudaan Dispora Kabupaten Bogor Nina Nurmasari menambahkan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum menetapkan sebanyak 107 penerima beasiswa pancakarsa tersebut.

 

“Alhamdulilah hari ini kami mengundang semua 107 mahasiswa penerima beasiswa pancakarsa untuk melakukan test wawancara dan validasi data prestasi yang diraihnya,” ucapnya.

 

Program beasiswa pancakarsa sendiri diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk para pemuda yang berusia 16-30 tahun. Baik yang baru  mulai kuliah maupun yang sedang menempuh studi S1.

Besaran dari beasiswa tersebut disesuaikan dengan UKT di Perguruan Tinggi Mitra masing-masing dengan batas maksimum Rp 10.000.000,- per semester.

 

Nina menambahkan, pihaknya melakukan proses sosialisasi melalui medsos seperti Instagram dan Youtube.

 

Total sosialisai melalui medsos seperti Instagram terdapat 3240  Followers dan  122, 806  Account Impressions.

 

“Selama proses pendaftaran berlangsung dari tanggal 17 sampai 23 Oktober 2022 terdapat 1795  orang yang berhasil melengkapi seluruh berkas yang menjadi syarat pendaftaran dan langsung dilakukan proses seleksi administrasi dan seleksi prestasi,” bebernya.

 

Selain itu, Dispora Kabupaten Bogor tidak hanya mendata prestasi akademik saja. Tetapi, mendata prestasi non akademik melalui berbagai sertifikat dan piagam yang diraihnya.

 

“Untuk tahun ini ada beberapa prestasi non akademik yang jadi penilaian tim panitia seleksi beasiswa Pancakarsa seperti tahfidz, kesenian, kepemudaan, olahraga dan relawan,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan