Elektabilitas Ridwan Kamil Layak Diperhitungkan di Jabar, Begini Hasil Survei CIGMark

BANDUNGGubenur Jawa Barat Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas tertinggi dari 18 nama tokoh politik yang maju menjadi Calon Presiden (Capres).

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh CIGMark Research and Consulting dengan melakukan survei khusus untuk pemilih di Jawa Barat.

CEO CIGMark Research and Consulting, Panca Pratama belum lama ini mengatakan, provinsi Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia.

‘’Jawa Barat selalu menjadi wilayah yang direbutkan oleh berbagai kandidat calon presiden (Capres). Sehingga, wilayah Jabar bisa disebut Batle Ground untuk peserta pemilu,’’ kata Panca dalam ketrangannya, Selasa, (15/11).

Panca menjelaskan, dari 18 nama yang disurvei, Ridwan Kamil memperoleh elektabilitas tertinggi dengan perolehan sebesar 39,2 persen.

Selain itu, di posisi kedua, Prabowo Subianto juga memiliki elektabilitas yang cukup baik dengan hasil 23,5 persen.

Sedangkan Anies Baswedan memperoleh elektabilytas d Jabar sebanyak 14,9 persen. Tak ketinggalan Ganjar Pranowo juga memiliki penggemar di Jabar dengan perolehan 8,1 persen.

‘’Untuk kandidat lainnya tingkat elektabilitasnya masih di bawah lima persen, sedangkan responden yang belum memutiskan pilihannya (undecided voters) 3,8 persen,’’ kata dia.

CIGMark juga melakukan survei dengan pertanyaan terbuka. Hasilnya kembali Gubenur Jawa Barat Rudwan Kamil mendapat dukungan paling banyak dengan jumlah 22,1 persen. Sedangkan dari aspek loyalitas juga Gubenur Jawa Barat itu mendapatkan dukungan 31 persen.

Kendati begitu hasil aspek loyalitas ini berbeda sangat jauh dengan perolehan Prabowo Subianto yang hanya mendapatkan 16,1 persen.

‘’Untuk pemilih loyal Anies Baswedan 9,5 persen, disusul Ganjar Pranowo 5,1 persen,’’ cetus Panca.

Berdasarkan data tren strong supporter, menujukan, orang nomer satu di Jabar itu mengalami peningkatan dukungan untuk maju pada Pilpres 2024.

Survei yang dilakukan pada Maret 2022 dan September 2022 ini, diketahui strong supporter  21,2 persen pada maret, naik menjadi 31,5 pada September lalu.

‘’Naiknya dukungan ini dikarenakan RK adalah sosok Gubenur Jabar dan Incumbent dan memiliki penilaian keberhasilan yang positif dalam membangun Jabar,’’ ujarnya.

Selain itu, untuk popularitas, RK di Jabar sudah tidak diragukan lagi. Sebab, sosok RK merupakan tokoh yang paling disukai oleh masyarakat Jabar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan