Putin Absen di KTT G20, Ada Ancaman Pembunuhan?

JAKARTA – Perhelatan KTT G20 yang digelar di Indonesia tahun ini, menyita perhatian dunia.

Tiga kepala negara absen dalam KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Mereka adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan absennya tiga kepala negara tersebut lantaran berbagai alasan penting.

 

Yang menarik sosok Vladimir Putin. Orang nomor satu di Rusia ini tengah jadi perbincangan dunia lantaran jadi dalang perang melawan Ukraina.

Putin memilih mengutus menteri luar negerinya untuk datang ke KTT G20 di Bali.

 

Disebut-sebut, Putin tak hadir lantaran ada kemungkinan besar upaya pembunuhan.

’’Ada kemungkinan besar upaya pembunuhan terhadap Putin dari dinas khusus AS, Inggris, dan Ukraina,” kata Ahli Strategi Politik Rusia dan penasihat Putin Sergey Markov seperti tayang di The Independent.

 

Tak hanya potensi ancaman pembunuhan, kata Markov, kehadiran putin juga bakal dipermalukan selama KTT berlangsung. ’’Saya yakin situasi seperti ini sedang direncanakan oleh beberapa orang Barat yang benar-benar gila,” kata Markov.

 

Dalam sebuah laporan yang diposting akun Telegram yang diyakini dekat dengan Kremlin, General SVR, Putin dikabarkan khawatir dengan peningkatan risiko pembunuhan dalam forum itu.

’’Resiko menjadi objek pembunuhan meningkat secara signifikan. Tapi tak memungkinkan untuk membuat keputusan tentang partisipasi dalam KTT tersebut,” tulis akun itu.

 

Moskow diketahui mendapatkan tekanan yang berat terkait aksi militernya di Ukraina. Ini utamanya dilontarkan oleh negara-negara Barat pimpinan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE).

Mereka menyebut manuver militer Moskow itu ilegal dan tidak beralasan. RI sendiri memilih netral karena sesuai dengan prinsip politik luar negeri bebas dan aktif.

 

Dalam KTT G20, kepala negara yang dipastikan hadir sebanyak 17 pemimpin negara. Mereka akan mulai tiba di Bali pada malam Senin.

Luhut juga mengabarkan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan hadir dalam KTT G20. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan