Turunkan Stigma Buruk ODGJ, LPM Dompet Dhuafa Gelar Jambore Jiwa Sehat

BOGOR – Kesehatan Jiwa adalah pondasi dasar kemajuan  bangsa  untuk menjadi bangsa yang unggul dan bermartabat. Upaya pemulihan kesehatan bagi penyandang disabilitas mentalpun menjadi sangat penting untuk dilakukan oleh pemerintah, termasuk juga masyarakat dalam bentuk lembaga-lembaga rehabilitasi.

 

Maka dalam rangka silaturahmi dan pembelajaran sesama lembaga rehabilitasi serta  memberikan ruang refreshing dan ajang ekspresif bagi para penyandang disabilitas mental yang sedang dalam proses pemulihan di lembaga rehabilitasi, LPM Dompet Dhuafa melaksanakan Jambore Jiwa Sehat di Kawasan Gunung Mas Puncak, Bogor pada Rabu dan Kamis, 9-10 November 2022.

 

Acara ini diawali dengan dialog oleh 30 peserta dari unsur pimpinan, pengurus maupun relawan pendamping dari 10 lembaga rehabilitasi dan 3 RSJ, bersama narasumber dari Kemensos RI dan Komisi Nasional Disabiitas (KND)  RI.

Adapun salah satu hasil dialog ini adalah perlu adanya Forum Lembaga Rehabilitasi Disabilitas Mental agar dapat memudahkan koordinasi dalam memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat mengakses pelayanan rehabilitasi. Hal ini pun turut disampaikan oleh Deka  Kurniawan (wakil Ketua KND) pada akhir dialog.

 

Disisi lain, dalam acara ini sebanyak 70 penyandang disabilitas mental dari 13 lembaga di Jabodetabek mendapatkan materi game oleh tim Psikolog dari Kemensos RI dan fun game yang diberikan oleh para relawan, sehingga tampak jelas keceriaan dan kekompakan peserta pada saat mengikuti acara jambore ini.

“Semoga kegiatan dua hari ini dapat memberikan kesan yang baik bagi para peserta yang sedang proses pemulihan di lembaga rehabilitasi, sehingga saudara-saudara kita ini dapat segera kembali bersama keluarga dan masyarakat,“ ujar M. Noor Awaluddin Asjhar selaku Kepala LPM Dompet Dhuafa.

 

Diakhir acara seluruh peserta mendapatkan bingkisan berupa hygiene kit, untuk memberikan motivasi bagi peserta agar lebih mandiri dalam mengurus kebutuhan pribadinya. “Saya senang ikut acara disini, tempatnya enak, rame dan makanannya enak,“ kata salah satu peserta dari LKS Darul Miftah Mulia Bogor sambil tersenyum membawa makanan dan bingkisannya.

 

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (don)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan