Berpacu Waktu

Najib Habibie

Bangunannya sama, lantai nya sama, dindingnya sama, toilet jongkoknya sama. Bak kamar mandinya juga sama. Tapi saya rela nahan BAK dari Jombor Jogja sampai Magelang. Hanya untuk BAK di toilet Terminal Bis Soekarno Hatta Magelang. Dikelola dengan baik, wangi dan bersih. Airnya juga bersih. Walaupun bangunan toiletnya sama dengan berpuluh tahun yang lalu tapi ketika dikelola dengan baik, hasilnya juga baik. Pagi2 ketika saya datang dari jakarta biasanya sedang disikat dan dibersihkan. Begitu masuk, bersih dan wangi. Sangat nyaman untuk BAB, BAK maupun mandi di toilet umum Terminal bis Magelang ini. Saya kira tidak kalah dengan toilet kelas atas jika penilaiannya berdasar indeks nilai bangunan, biaya pemeliharaan dan tingkat kenyamanan yang dihasilkan. Sebagai pengguna toilet umum kelas sudra, saya masih merasa Terminal Bis Magelang juaranya. Monggo dibuktikan.

Juve Zhang

Revolusi toilet he he he dilakukan oleh anak muda yg gak paham sejarah Tiongkok. Tahun 80_90 an itu Tiongkok benar benar membangun dengan tangan besi. 90 an saya berkelana di daratan Tiongkok 1,5 bulan. Kejebak masuk “pancingan” mafia gangster sana. Yg hobi “ngompas” orang lokal beda daerah. Siapapun .banyak gangster jalanan .tapi tangan besi mereka “membersihkan” semua jenis gangster. Sekarang Tiongkok negara paling aman .

munawir syadzali

Dulu, 15 tahun yg lalu, Demak terkenal sekali dg WC terpanjang di Indonesia. Sepanjang jalur pantura Demak – Kudus, sisi kirinya membentang sungai yang dijadikan warga setempat Mandi dan BAB. Hingga lumrah menjadi pemandangan yg menggelikan mata. Sampai2 saya malu ketika ditanya, asli mana mas? Seakan menjadi aib. Karena jika dijawab demak, pasti arahnya nanti ngomongin WC terpanjang itu. Alhamdulillah, 5 tahun terakhir pemandangan itu sdh sedikit berkurang, dan sekarang sdh jarang sekali ada pemandangan itu

bitrik sulaiman

Kebiasaan saya tiap bepergian selalu mengantongi 2 atau 3 lembar tisu. Tissue lebih praktis dan bersih. Tissue, setelah dipotong seperlunya, diperciki sedikit air. Lap 3 kali cukup.

Pryadi Satriana

Pertanyaan tentang toilet dikaitkan negara bisa menyinggung rasa nasionalisme negara ybs., untungnya pertanyaan “goblik” tsb. mendapat jawaban cerdas. Salam. Rahayu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan