Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta Ingin Tekan Angka Stunting dengan Makanan Lokal

JABAREKSPRES.COM –  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Veteran Jakarta) Program Studi Kedokteran  melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pabeanudik, Kabupaten Indramayu.

Kegiatan itu mengangkat tema, “Edukasi Peningkatan Kapasitas Ibu Rumah Tangga Berbasis Pemanfaatan Potensi Lokal sebagai Pencegahan Stunting pada 1000 HPK”

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemanfaatan potensi lokal oleh penduduk Desa Pabeanudik yang bermanfaat sebagai peningkatan gizi balita dan ibu hamil.

Selain pemangku kepentingan Kesehatan, stake holder dan masyarakat, Pencegahan stunting menjadi tanggung jawab kita bersama.

UPN Veteran Jakarta yang sudah mempunyai Perjanjian Kerja sama dengan Kabupaten Indramayu ingin membantu menurunkan angka stunting di daerah tersebut.

Belum adanya pelatihan pada ibu hamil dan balita tentang pemanfaatan potensi lokal memberi alasan tim untuk melaksanakan tugasnya memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan potensi lokal kepada kader dan ibu hamil dan balita di posyandu.

Potensi lokal di daerah tersebut yaitu budidaya ikan bandeng dan rumput laut sangat mendukung ketahanan pangan dan gizi keluarga dalam pencegahan stunting, wasting dan gizi kurang apabila dimanfaatkan dengan baik.

Tujuan Kegiatan

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah sebagai upaya untuk mendukung program prioritas pemerintah di bidang kesehatan yaitu penurunan angka stunting terutama dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Potensi lokal Indramayu rumput laut dan ikan bandeng sangat banyak manfaatnya, dalam 100 gram ikan bandeng terkandung sekitar 20 gram protein dan beragam nutrisi antara lain.

Selain itu ikan bandeng juga mengandung vitamin B12 serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Untuk ibu hamil dan balita manfaat ikan bandeng antara lain mendukung kesehatan dan fungsi otak.

Kegiatan pengabdian masyarakat diawali dengan sosialisasi pada tanggal 9 September dan acara Abdimas dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022 oleh tim dosen yang diketuai oleh drg. Nunuk Nugrohowati, M.S. yang didampingi oleh dr. Niniek Hardini, Sp. PA, dr. Adi Sukrisno, Sp. OG, Yosha Putri Wahyuni, S.ST, M. Biomed, apt. Via Rifkia, S. Far., M.Si, dan para mahasiswa jurusan Kedokteran sebagai anggota.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan