Kapolda Jabar Ingatkan Warga untuk Waspada Cuaca Ekstrem: Hindari Wilayah Rawan Longsor

JabarEkspres.com, BOGOR – Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Suntana mewakilkan keluarga besar Polri menyampaikan rasa belasungkawa atas peristiwa bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah Kota Bogor beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikannya saat menyambangi dua lokasi kejadian longsor di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah yang merenggut 9 jiwa tersebut, 5 diantaranya ditemukan sudah meninggal dunia.

Dalam kesempatan itu, Suntana juga mengingatkan warga masyarakat untuk terus waspada terhadap cuaca ekstrem yang belum diketahui pasti kapan berakhirnya.

Dia meminta, kepada masyarakat untuk mengambil langkah antisipasi menghindari wilayah yang rawan tanah longsor.

“Kami juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di daerah-daerah rawan longsor untuk segera pindah karena musim penghujan masih belum bisa kita prediksi kapan selesainya,” ungkapnya kepada wartawan pada Jumat, 14 Oktober 2022.

Pihaknya juga berharap, masyarakat yang mengalami musibah diberikan semangat dan kekuatan.

Dia mengaku, Polri bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan hadir menemani hingga proses evakuasi korban.

Menurutnya, sejauh ini penanganan tanggap bencana yang dilakukan Pemkot Bogor sudah berjalan dengan baik.

“Ini luar biasa, segala sesuatunya dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Bogor, di lapangan, dapur umum dan sebagainya, bersama TNI Polri, semua ada. Pak wali kota gercep menangani ini. Yang jelas kita akan bersama-sama dengan unsur lain menemani saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah,” bebernya.

Suntana bersyukur satu korban tertimbun longsor di Gang Barjo telah berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan. Diketahui, korban bernama Iwan ditemukan di hari ketiga upaya pencarian pascalongsor.

“Alhamdulillah, saat tadi dengan pak wali kota dan Bu Atalia, kita menemukan satu jenazah, memang mekanisme lokasi tidak mungkin menggunakan alat berat, harus manual. Kita akan bekerja sampai jenazah ditemukan, sekarang tinggal dua korban sedang pencarian, mohon doanya,” jelasnya.

Diketahui, kedatangan Suntana ke lokasi didampingi Ketua Jabar Bergerak Atalia Praratya, Wali Kota Bogor Bima Arya dan Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Inf. Inf Ali Akhwan serta Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan.*** (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan