Cak Imin Mulai Lirik Puan Maharani, Analis Politik: Kode untuk Gerindra

JabarEkspres.com, BANDUNG – Pertemuan Cak Imin dan Puan Maharani dalam rangka ziarah ke makam Taufiq Keimas dan sekaligus perayaan ulang tahun Cak Imin dinilai sebagai manuver politik.

Hal tersebut diperlihatkan dengan Cak Imin membuka ruang untuk menjadi cawapres dan dalam kesempatan tersebut juga mendoakan agar Puan terpilih menjadi presiden.

Menanggapi hal tersebut, Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menilai bahwa sikap Cak Imin tersebut sebagai manuver politik.

Pasalnya, sampai saat ini belum ada kepastian dari Gerindra terkait posisinya sebagai cawapres Prabowo setelah deklarasi koalisi Gerindra-PKB.

“Cak Imin udah berjuang sejak 2014 agar namanya masuk surat suara Pilpres. Koalisi yang diharapkan PKB dengan Gerindra yaitu kepastian capres dan cawapres. Dengan masih digantungnya posisi Cak Imin oleh Prabowo, wajar aja Cak Imin mulai lirik-lirik partai lain,” Arifki di Bandung, Selasa, 27 September 2022.

Menurutnya, Cak Imin ingin memberi peringatan kepada Gerindra agar segera mengumumkan posisinya sebagai cawapres Prabowo.

“Jika tidak, maka ia akan terus bermanuver untuk lirik-lirik partai lain yang berani memberinya kepastian lebih cepat dari Prabowo,” kata dia.

Dia menyebutkan, manuver Cak Imin ini tentu membahayakan bagi Gerindra  jika  kesepakatan koalisi dibatalkan, karena Prabowo akan kehilangan kepastian maju di Pilpres 2024.

“Gerindra bakal mencari koalisi partai baru, jika Cak Imin diberikan kepastian oleh Puan atau capres lainnya,” sebutnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, syarat ambang batas 20 persen Gerindra-PKB tidak berlaku lagi, baik Prabowo atau Cak Imin terpaksa harus berkoalisi dengan partai lain jika ingin maju sebagai capres dan cawapres.

“Manuver-manuver yang dilakukan Cak Imin ini merupakan upayanya untuk tes gelombang ombak Pilpres 2024, berpihak atau tidak untuknya. Ya,  sangat jelas ya  kode ini dikirim Cak Imin untuk Gerindra”, tutup Arifki.*** (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan