Agenda Pemakaman Ratu Elizabeth II Hari Ini, Ritual di Gelar dari Pagi Hingga Malam

JABAREKSPRES.COM – Wafatnya Ratu Elizabeth II membawa duka seluruh warga Inggris. Ribuan Pelayat terus berdatangan menyampaikan penghormatannya. Bahkan ada yang rela mengantre hingga 30 jam, demi bisa melihat peti jenazah sang Ratu sebelum dimakamkan hari ini. Berikut agenda pemakaman Ratu Elizabeth dari pagi hingga malam nanti.

Setelah satu pekan disemayamkan di Westminster Hall, hari ini, Senin (19/9) jenazah Ratu Elizabeth II diagendakan akan dimakamkan.

Ritual pemakaman Sang Ratu cukup panjang, bahkan berdasarkan susunan acara yang beredar, akan digelar dari pagi hari hingga malam.

Ratu akan dimakamkan di peristirahatan terakhirnya di Kastil Winsdor, berdampingan dengan makam sang suami.

Berikut adalah rincian acara pemakaman Ratu Elizabeth II seperti dilansir BBC:

06:30: Westminster Hall ditutup dan persiapan untuk membawa jenazah Ratu ke Westminster Abby dimulai.

08:00: Pintu Westminster Abbey mulai dibuka untuk para tamu undangan.

10:44: Peti mati Ratu dibawa menggunakan kereta pengangkut senjata milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang ditarik 142 pelaut ke Westminster Abbey untuk acara kebaktian. Anggota senior Keluarga Kerajaan, termasuk Raja Charles III beserta putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry, akan ikut mengiringi kereta tersebut.

11:00: Kebaktian yang diperkirakan akan dihadiri oleh 2.000 tamu di Westminster Abbey dimulai.
Kebaktian akan dipimpin oleh Dekan Westminster David Hoyle, dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby memberikan khotbah. Perdana Menteri Liz Truss akan membacakan ayat dari Alkitab.

11:55: Menjelang akhir upacara, panggilan terompet pendek akan dimainkan diikuti mengheningkan cipta nasional selama dua menit.

12:15: Setelah kebaktian, kereta senjata akan membawa peti mati Ratu menuju Wellington Arch, di Hyde Park Corner London. Big Ben akan berdentang dengan interval satu menit mengiringi arak-arakan tersebut. Salut senjata juga akan ditembakkan setiap menit dari Hyde Park.

13:00: Jenazah Ratu dijadwalkan tiba di Hyde Park dan langsung dipindahkan ke mobil jenazah untuk perjalanan terakhirnya ke Kastil Windsor.

15:00: Mobil jenazah diharapkan tiba untuk prosesi jalan kaki di Jalan Panjang Kastil Windsor. Jalan sepanjang tiga mil (5 km) akan dipagari oleh anggota angkatan bersenjata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan