Cara Merdeka dari Bau Badan yang Mengganggu, Ikuti Langkah-langkahnya

JABAREKSPRES.COM – Memiliki masalah dengan bau badan memang sangat mengganggu. Meski penampilan sudah sempurna, namun bila aroma dari tubuh kita tidak sedap maka akan mengurangi rasa percaya diri.

Banyak yang menyiasatinya dengan menggunakan parfum berlebihan, agar bau badan terkalahkan oleh bau parfum.

Padahal hal ini justru akan menciptakan aroma aneh, karena bau badan yang tercampur dengan parfum. bahkan bila berlebihan penggunaan parfum, juga akan mengganggu indera penciuman orang lain.

Belum lagi dalam islam penggunaan parfum oleh muslimah dilarang, karen akan dapat menarik perhatian lawan jenis.

Masalah bau badan yang paling parah adalah saat kita dijauhi oleh teman, karen tidak tahan dengan aroma tubuh.

Untuk mengatasinya, mari ikuti beberapa langkah berikut, seperti dilansir dari muslimah.or.id

Lihat apa penyebabnya

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di hampir seluruh permukaan kulit.

Kelenjar ekrin sudah ada sejak kecil di mana keringat yang dihasilkannya tidak hanya berfungsi sebagai alat pengeluaran sisa metabolisme tubuh namun juga berguna untuk mengatur suhu tubuh.

Kelenjar apokrin terletak di daerah ketiak, payudara, daerah anus dan kemaluan. Kelenjar apokrin akan berfungsi aktif setelah remaja dan keringat yang dihasilkan dipengaruhi oleh rangsangan emosi.

Keringat apokrin mengandung banyak lemak dan protein, yang apabila diuraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak. Bau inilah yang kemudian dikenal sebagai bau badan.

Bagaimana mengontrol bau badan?

Ada banyak cara untuk mengatasi bau badan. Cara yang termudah adalah mandi 2 kali sehari untuk menghilangkan keringat dan bakteri.

Mengingat kebersihan adalah musuh utama bakteri, pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh dibersihkan dengan optimal.

Membersihkan rambut ketiak baik dengan dicukur atau dicabut -namun dicabut merupakan cara yan terbaik- akan membantu mengurangi bau badan.

Hal ini disebabkan rambut ketiak dapat menahan keringat dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi bakteri untuk melakukan proses penguraian.

Bedak talk atau bedak tabur juga bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengatasi bau badan. Bedak mampu menyerap keringat sehingga bakteri tidak bisa menguraikannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan