Khawatir Diracun di Tahanan, Bharada Eliezer dapat Perlindungan Darurat

JAKARTA – Bharada Richard Eliezer akan dapat perlindungan darurat dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Hal ini karena adanya kekhawatiran Bharada Eliezer akan diracun selama berada di tahanan.

Pengumuman akan diberikannya perlindungan darurat terhadap Bharada Eleizer tersebut akan disampaikan secara resmi pada Senin (15/8).

Alasan lain diberikannya perlindungan darurat LPSK ini setelah Bharada Eliezer memutuskan menjadi justice collaborator atas tewasnya Brigadir Joshua di rumah Irjen Ferdy Sambo.

“Iya, kemarin kami sudah putuskan perlindungan sebagai justice collaborator secara darurat untuk Bharada E,” ungkap Wakil Ketua LPSK Susilaningtias, Sabtu (13/8/2022).

Susilaningtias memastikan LPSK akan memberikan pendampingan maksimal dalam tiap proses pemeriksaan kepada Bharada Eliezer, saat peradilan pidana atau penegakan hukum pidana.

“Kami akan dampingi dalam setiap proses peradilan pidana atau penegakan hukum pidana,” imbuhnya.

LPSK langsung berkoordinasi dengan Bareskrim Polri terkait hal ini. Untuk memastikan perlindungan kepada Bharada E.

“Kami sedang koordinasi secara intensif dengan Bareskrim terkait perlindungannya,” tegas Susilaningtias.

Pengumuman resmi ke publik mengenai perlindungan Bharada Eliezer ini akan disampaikan Senin (15/8).

LPSK sekaligus akan menyampaikan jawaban soal permohonan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

“Nanti hari Senin kami akan konpers mengenai keputusan kami ini. Terkait dengan permohonan perlindungan ibu P dan Bharada E,” tuturnya.

Seperti diketahui, Bharada Eliezer atau Bharada E saat ini ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Mahfud MD mengungkap kekhawatiran soal racun dan meminta AC penjara dijaga.

Permintaan Mahfud MD agar AC penjara Bharada Eliezer serta makanan atau barang kiriman dari ortu Bharada E dijaga ketat, disampaikan di podcast Deddy Corbuzier seperti dilihat Sabtu (13/8).

Deddy Corbuzier menanyakan kepada Menko Polhukam Mahfud MD mengenai keselamatan Bharada Eliezer yang menjadi saksi kunci tewasnya Brigadir Joshua di rumah Ferdy Sambo di Duren Tiga.

Mahfud MD mengatakan, dia sudah berkomunikasi dengan Kabareskim Komjen Agus Andrianto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengenai keselamatan Bharada Eliezer di penjara Mako Brimob Kelapa Dua Depok.

“Saya sudah komunikasi supaya keamanannya dijamin, makanannya dijaga, AC juga dijaga supaya nggak ada racun masuk lewat situ,” kata Mahfud MD.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan