Airlangga Hartarto Ingin Indonesia Jadi Eksportir Kendaraan Listrik

TANGERANG – Bertema ‘The Future Is Bright’ Menteri Koordinator Bidang perekonomian Airlangga Hartarto membuka secara resmi Indonesia International Auoto Show (GIIAS) di Tanggerang Selatan pada Kamis, (11/8).

Menko Airlangga Hartarto mengatakan, setelah pandemi melandai penjualan industri otomotif kembali menggeliat.

Untuk mendukung ini, pemerintah telah menberikan kebijakan insentif berupa penurangan pajak atas pembelian kendaraan mewah.

Airlangga Hartarto sangat bangga dengan banyaknya hadir dari jenis kendaraan listrik dalam pameran otomotif terbesar di Indonesia itu.

‘’Dalam pameran ini hampir setiap produsen kendaraan menghadirkan kendaraan listrik (Electric Vehicle (EV),’’ jelas Airlangga Hartarto dalam keterangannya, Jumat, (12/8).

Untuk itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah, kebijakan insentif akan diberikan dalam bentuk berbagai regulasi untuk masyarakat yang ingin memiliki mobil listrik ini.

Regulasi dan insentif ini mendapat sambutan positif dari produsen mobil listrik. Bahkan, insentif ini akan memberikan gairah bagi industry otomotif tanah air.

Pada ajang GIIAS tahun ini, beberapa merek ternama menghadirkan mobil litrik. Bahkan, kendaraan berbasis tenaga listrik ini lebih banyak dari tahun sebelumnnya.

“Mobil listrik (EV) relatif lebih banyak kali ini dibandingkan pameran-pameran GIIAS sebelumnya. Saya apresiasi, selamat,” kata Airlangga.

Menko Airlangga Hartarto berharap, dengan adanya regulasi dan subsidi pemerintah, kendaraan listri dapat bersaing dengan kendaraan berbahan bakar minyak.

Untuk mendukung ini, pemerintah juga akan mendorong PLN untuk menyiapkan stasiun pengisian listrik diberbagai titik.

Infrastrtuktur pendukung seperti membuat charging station harus tersedia banyak. Sehingga masyarakat dengan mudah memiliki kendaraan berbasis listrik.

‘’Kendaraan EV saat ini memiliki harga yang sangat kompetitif di kisaran Rp 200 juta sampai Rp 300 juta,’’ ucapnya.

Airlangga mengaku optimis, industri otomotif kendaraan listrik akan banyak diminati masyarakat. Bahkan, Indonesia harus menjadi eksportir kendaraan listrik terbesar dunia.

Sementara itu, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO Rizwan Alamsjah mengatakan, ajang GIIAS 2022 kali ini, banyak menampilkan kendaraan listrik keluaran terbaru.

‘’Pameran otomotif tersebut akan beralangsung selama 10 hari sampai dengan 21 Agustus 2022,’’ tutup Rizwan.

GIIAS 2022 mempersiapkan sebuah area khusus yang berada di dalam ruangan, GIIAS Electric Vehicle (EV) Test Track.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan