Citi Foundation Kuatkan Kapasitas Wirausaha Melalui Pelatihan

BANDUNG – Untuk mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Citi Foundation mengagas program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST).

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, program yang didukung penuh oleh Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) itu, memfasilitasi 300 wirausaha pemula berusia 16-38 tahun.

‘’Perlatihan diadakan di tiga tempat di antaranya, Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya,’’ ujar Puni kepada dalam keterangannya, Selasa, (23/8).

Menurutnya tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan bisnis, serta perluasan jangkauan pemasaran bisnis dengan digital.

Oleh karena itu, hadirnya program YOU-BLAST diharapkan dapat turut mengatasi isu pengangguran di Indonesia dengan mengoptimalkan potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang diciptakan oleh sektor UMKM.

Diharapkan, para peserta program tersebut tentang bagaimana cara mengatasi tantangan berbisnis di era digital dan pascapandemi ini agar mereka dapat membangun usaha yang kuat dan berkelanjutan dari awal.

‘’Langkah ini selaras dengan komitmen global Citi dan Citi Foundation dalam meningkatkan kemampuan kerja dan peluang ekonomi generasi muda berpenghasilan rendah dan rentan melalui inisiatif Pathways to Progress,”tutur Puni.

Sementara itu, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner memaparkan, saat ini ekosistem kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif.

Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus melahirkan bibit-bibit wirausaha baru dan memperkuat daya saing para wirausaha pemula.

Hal ini mengingat kewirausahaan berpotensi menjadi sarana untuk generasi muda dalam menciptakan peluang ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

Program YOU-BLAST akan membantu mengakselerasi peningkatan skala usaha para wirausaha pemula dengan proses inkubasi melalui sejumlah kegiatan, seperti pelatihan, lokakarya, pembinaan, pendampingan, bimbingan teknis, dan akses pemasaran.

‘’Inisiatif baru ini semakin mengukuhkan kolaborasi dan komitmen jangka panjang PJI bersama Citi Indonesia dan Citi Foundation dalam pemberdayaan generasi muda di bidang kewirausahaan yang telah dimulai sejak delapan tahun lalu dan berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 56 ribu pelajar di Indonesia,”tutup dia. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan