Ampuhnya Daun Serai Lawan Berbagai Penyakit, Catat Cara Mengolahnya

JABAREKSPRES.COM – Daun serai merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Selain itu, daun serai juga biasa digunakan untuk aroma therapi, diseduh dalam teh atau untuk perendaman.

Tangkai bawah dan umbi tanaman ini memiliki aroma segar yang kadang-kadang juga ditambahkan ke teh, bumbu perendam, kari, dan kaldu.

Selain batangnya, daun serai juga sering dimanfaatkan sebagai penambah aroma dalam masakan.

Selain itu, daun serai juga mengandung berbagai manfaat sehat.

Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Serai bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan daun serai merupakan diuretik yang bisa membuang kelebihan air dan garam pada manusia melalui urine.

Ini Garam dan air yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Caranya iris panjang atau kecil-kecil sesuai dengan kebutuhan dan campurkan ke dalam makanan sehari-hari.

2. Menghancurkan Lemak Perut

Bagi orang yang sedang diet, serai bisa dijadikan solusi. Pasalnya, daun ini bisa menghancurkan lemak di perut sehingga tubuh terlihat lebih indah.

Caranya potong 3 batang sereh menjadi 4 bagian sebelum di geprek, lalu campurkan dengan satu kantong teh pilihan. 2 butir jeruk nipis yang sudah diiris tipis, dan 5 gelas air.
Rebus sampai mendidih dan meresap (untuk 2 gelas teh).

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan citral yang ada dalam daun sereh memiliki sifat antikanker. Komponen lain di dalam serai bisa mengurangi risiko kanker bila dikonsumsi secara rutin.

Caranya potong daun sereh tipis-tipis dan taburkan pada makanan yang kita konsumsi setiap hari.

4. Ramuan Anti-depresi Sifat antidepresan yang dimiliki oleh daun serai bisa menenangkan saraf dan otot sehingga pikiran lebih jernih juga tenang. Tidak hanya stres, serai juga bisa mengatasi masalah susah tidur.

Hal lainnya yang bisa diatasi menggunakan teh daun serair adalah menurunkan kadar gula darah. Caranya, iris serai dan masukkan ke dalam air. Masak sampai mendidih dan meresap. Rebusan air serair siap dikonsumsi.

5. Ampuh Mengusir Nyamuk Kandungan antidepresan yang berguna untuk menenangkan saraf ternyata bisa mematikan indra perangsang nyamuk. Itulah mengapa daun serai seringkali dimanfaatkan sebagai bahan pengusir nyamuk.

Tinggalkan Balasan