Sosialisasi ASO TV Digital, Kominfo Berikan Bantuan STB

BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat barus bersiap menghadapi perubahan siaran TV Digital atau Analog Swich Off (ASO) yang akan dilakukan dalam tiga gelombang.

Pelaksanaan peralihan ASO ini sudah dimulai dari 3 April 2022 hingga 2 November 2022 mendatang. Sosialisasi ASO menuju siaran digital di seluruh Indonesia, tentunya menjadi momentum bersejarah bagi masyarakat Indonesia,’’

Masyarakat Indonesia akan mendapatkan siaran TV Digital yang lebih berkualitas. Siaran TV digital akan membuat kualitas gambar yang diterima sangat jelas, suara jernih, dan teknologi canggih.

Dengan masifnya acara sosialisasi Analog swich off diharapkan bisa mempercepat pendistribusian set top box dan edukasi kepada masyarakat tentang beralihnya tv analog ke digital.

Ditambah lagi dengan masih banyaknya masyarakat yang belum teredukasi dengan baik seputar pemilihan set top box yang harus terferifikasi Kominfo agar bisa mendapatkan siaran TV digital secara sempurna.

Peralihan ini bisa memberikan peluang dan kesempatan baru. Mulai dari mendorong keragaman konten, beragam informasi, lebih kaya pemikiran dan ide kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat,  Selain itu siaran TV digital akan membuka keragaman kepemilikan.

Anggota Komisi I DPR RI, Junico Siahaan, menurutnya dengan ASO bakal banyak tantangan kedepannya terkait konten semisal bagaimana tayangan di indonesia lebih mendidik, bagaimana TV lokal bisa bersaing dengan TV nasional.

“Tentu ini harus ada regulasi tambahan ke depannya agar ASO tidak hanya sekedar memindahkan ke siaran TV digital namun juga bisa menyumseskan pelaku penyiaran dan juga TV lokal,” kata Nico dalam keterangannya, Kamis, (28/7).

Harapan pemerintah sendiri adalah sosialisasi ASO bisa berjalan sukses dengan adanya kolaborasi dari pemerintah selaku penyedia infrastruktur, kesiapan lembaga penyiaran dan juga kesiapan masyarakat.

Sementara itu Staf Khusus Menkominfo RI, Dr Rosarita Niken Widiastuti  menegaskan pembagian set top box jangan sampai tidak tepat sasaran.

“Ini yg jadi pekerjaan rumah kita di pemerintahan, selain tentunya memastikan infrastruktur sudah baik di seluruh wilayah indonesia. Harapan pemerintah dalam hal ini kominfo sosialisasi saat ini bukan sekedar mengingatkan bahwa indonesia akan beralih kesiaran digital tapi juga saling menjaga dan memantau terkait pembagian set top box, ” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan