Ampuhnya Daun Serai Lawan Berbagai Penyakit, Catat Cara Mengolahnya

Caranya potong 3 batang sereh menjadi 4 bagian sebelum di geprek, lalu campurkan dengan satu kantong teh pilihan. 2 butir jeruk nipis yang sudah diiris tipis, dan 5 gelas air.
Rebus sampai mendidih dan meresap (untuk 2 gelas teh).

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan citral yang ada dalam daun sereh memiliki sifat antikanker. Komponen lain di dalam serai bisa mengurangi risiko kanker bila dikonsumsi secara rutin.

Caranya potong daun sereh tipis-tipis dan taburkan pada makanan yang kita konsumsi setiap hari.

4. Ramuan Anti-depresi Sifat antidepresan yang dimiliki oleh daun serai bisa menenangkan saraf dan otot sehingga pikiran lebih jernih juga tenang. Tidak hanya stres, serai juga bisa mengatasi masalah susah tidur.

Hal lainnya yang bisa diatasi menggunakan teh daun serair adalah menurunkan kadar gula darah. Caranya, iris serai dan masukkan ke dalam air. Masak sampai mendidih dan meresap. Rebusan air serair siap dikonsumsi.

5. Ampuh Mengusir Nyamuk Kandungan antidepresan yang berguna untuk menenangkan saraf ternyata bisa mematikan indra perangsang nyamuk. Itulah mengapa daun serai seringkali dimanfaatkan sebagai bahan pengusir nyamuk.

Caranya iris sesuai kebutuhan dan simpan di dalam kamar atau digosokkan ke bagian badan yang ingin dilindungi.(genpi/jpnn)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.