Gantarawang: Misteri Kerajaan Gaib di Banten

JabarEkspres.com – Banten merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal karena hal-hal mistis. Hal-hal seperti santet, perdukunan, azimat-azimat, dan cerita-cerita horor seakan telah menjadi bagian dari identitas Banten.

Ada salah satu tempat di Banten yang terkenal karena hal mistis yang membikin bulu kuduk bergidik. Ialah Gantarawang.

Sejujurnya, kata “Gantarawang” tak boleh asal diucapakan. Bahkan bagi masyarakat setempat, mengucapkan kata “Gantarawang” sudah menjadi hal yang tabu. Tak boleh seomong-omongnya ketika kamu berada di Gantarawang.

Kisah-kisah tentang Gantarawang tetap menyedot perhatian hingga sekarang. Pasalnya, banyak sekali penuturan kisah-kisah angker yang tak bisa dijelaskan akal pikiran ketika berbicara tentang Gantarawang.

Bahkan bagi anak-anak yang bermukim di dekat wilayah tersebut, adalah pamali untuk menyebut kata “Gantarawang”.

Gantarawang merupakan suatu daerah yang berada di Caringin Pasir, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Banyak orang-orang menuturkan tentang peristiwa-peristiwa gaib dari suatu wilayah yang lebih berupa ladang berselimut semak-semak ini.

Dalam pandang sekilas, tidak ada yang istimewa dari Gantarawang. Kamu hanya akan melihat ladang dengan ilalang liar berserakan.

Namun, dalam pandangan orang-orang tertentu, Gantarawang lebih dari sekadar itu. Berdasarkan cerita yang beredar, Gantarawang itu, konon katanya, adalah kerajaan siluman dan jin beserta makhluk-makhluk halus lain.

Melansir pandeglangnews.co.id, Gantarawang terdiri dari dua kata, yakni “Gantar” dan “Rawang”. “Gantar” berarti “bambu”; sedangkan “Rawang” berarti “awang-awang”.

Lebih lanjut, segala kisah Gantarawang juga memiliki pertautan dengan seorang pemuka agama terkenal di sana, ialah Syekh Tubagus Ali. Berdasarkan penuturan kisah, Syekh Tubagus Ali pernah terlibat pertarungan dengan makhluk-makhluk penghuni Gantarawang.

Singkat kata, Syekh Tubagus Ali berhasil mengalahkan bangsa jin yang mendiami Gantarawang. Beliau pun kemudian disebut-sebut orang yang mampu menundukan makhluk-makhluk di sana.

Oleh karena itu, kisah Gantarawang juga tak selamanya tentang kisah kejahilan para makhluk di sana. Pasalnya, menurut juru kunci Gantarawang, tempat tersebut sebenarnya berangkat dari nilai positif. Adalah Abah Manta yang menjelaskan hal tersebut.

Menurut Abah Manta, Gantarawang adalah tempat pertemuan bagi aki moyang dan nenek moyang pada zaman silam. Dengan kata lain, Gantarawang itu pada zaman dahulu disebut sebagai “Wangatua”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan