Pemdes Pasirnanjung Sumedang Kembangkan Fasilitas Literasi Warga Berbasis Digital

Editor:

JabarEkspres.com, SUMEDANG – Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang kembangkan fasilitas literasi untuk warga.

Sekretaris Desa (Sekdes) Pasirnanjung, Sumedang, Dani Supriadi mengatakan, pojok baca yang biasa menghiasi ruang meja pelayanan kini dikembangkan menjadi taman baca.

“Jumlah bukunya sudah lumayan bertambah dan ada lahan di sebelah Kantor Desa (Pasirnanjung) jadi kita buat taman baca,” kata Dani kepada Jabar Ekspres, Kamis (21/7).

Dia menerangkan, untuk sementara ini fasilitas literasi yang disediakan Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirnanjung, buku bacaannya untuk usia anak-anak sampai remaja.

“Makanya ini juga rencana mau diperbanyak lagi jumlah bukunya, dilengkapi supaya ada buku bacaan untuk usia dewasa,” ujar Dani.

“Bukunya seperti keilmuan bertani atau beternak. Bacaan ringan tapi bisa menambah wawasan pengetahuan warga,” tambahnya.

Dani menjelaskan, pengembangan taman baca itu dilakukan atas dasar kebutuhan warga khususnya usia anak-anak terhadap keilmuan.

“Mulai digunakan (taman baca) pas awal tahun 2022. Alhamdulillah kegiatan anak-anak di desa jadi terperhatikan, sedikitnya terawasi karena taman baca sebelah kantor,” ucap Dani.

Dikatakan Dani, sebagai daya tarik sekaligus membantu warga mengatasi kendala anak-anaknya belajar di masa pandemi Covid-19, taman baca difasilitasi akses internet gratis.

“Sekolah online kadang pada kumpul di taman baca, lumayan meringankan masalah warga yang sulit sinyal atau gak ada kuota internet,” imbuhnya.

“Minimal setelah sekolah online kemudian mereka mungkin buka-buka sosial media karena ada WiFi, akan penasaran baca buku yang ada, minat baca meningkat,” lanjut Dani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.