DKP Ekspor 1 Container Ikan Lele Hasil Petani Milenial ke Korsel

Editor:

CIREBON – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hermansyah M.Si., melaksanakan kegiatan Pelepasan Ekspor Perdana Ikan Lele (Clarias batrachus), Kamis (21/7).

Ekspor yang berlokasi di Unit Pengolahan Ikan (UPI) CV Adi Jaya Mandiri, adi Blok Sirawa RT 01 RW 05 Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dikirim ke Busan Korea Selatan.

Acara pelepasan ekspor Perdana Clarias batrachus, dihadiri perwakilan dari Kepala Stasiun Karantina BKIPM Cirebon, Bea Cukai, Dinas Ketahanan  Pangan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, Unit Kerja Lingkup DKP Provinsi Jabar, Bappeda Provinsi Jabar, PT. Agro Jabar, Tim Akselerasi Pembangunan Jawa Barat dan Tim Ahli Jabar Juara.

Jumlah ekspor awal Ikan Lele, sebanyak 1 Cont 20 fit (8,131.20 kg) dengan Unit Pengolahan ikan yang sudah tersertifikasi, Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP). Asal bahan baku dari unit budidaya yang sudah tersertifikasi Cara Budidaya atau Suganda Farm dan sudah memenuhi persyaratan lainnya sesuai standar persyaratan ekspor.

Pemenuhan standar produk menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dapat memenuhi permintaan standar atau kriteria dari konsumen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat, Ir. Hermansyah, M.Si mengatakan, permintaan produk hasil perikanan di Jawa Barat terus meningkat, sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk.

Kemudian di lain pihak, terjadi pergeseran pola konsumsi sebagai akibat meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

Salah satunya, dicirikan dengan tingginya kandungan protein dan rendahnya kandungan kolesterol sebagaimana terdapat pada ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.