Niat Puasa Arafah Latin dan Terjemahannya, Beserta Keutamaannya

Jabareskpres.com- Hari raya Idul Adha sudah ada didepan mata Umat Muslim seluruh dunia. Di Indonesia dan beberapa negara di Asia Idul Adha akan jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Nah sebelum merayakan Idul Adha umat muslim disunnahkan untuk berpuasa tarwiyah dan arafah terlebih dahulu. Berikut adalah niat puasa Arafah dan tarwiyah latin dan terjemahannya.

Untuk diketahui puasa Tarwiyah ini dilaksanakan dua hari sebelum hari raya Idul Adha, tepatnya pada 8 Dzulhijjah. Atau jika dilihat dari penanggalan masehi yakni pada tanggal 8 Juli.

Adapun niat puasa tarwiyah adalah:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT”.

Nah, sesudah puasa tarwiyah pada tanggal 9 Dzulhijjah disunahkan juga berpuasa, yakni puasa Arafah.

Puasa ini mempunyai keutamaan yang luar biasa, salah satunya menghapuskan dosa dua tahun yang lalu dan dosa 2 tahun yang akan datang.

Keutamaan ini disebutkan dalam hadist yang artinya:

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR Muslim).

 

Puasa arafah adalah puasa sunnah yang di tunaikan pada hari Arafah yaitu tanggal 9 bulan Dzulhijjah atau 9 Juli 2022.

Mengutip laman NU, puasa Arafah dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Sedangkan teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa lain.

Yakni membaca niat pada sebelum matahari terbit lalu menahan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan minum dan lain-lain.

Bagi Anda yang sedang mencari niat puasa Arafah berikut niatnya.

Nawaitu Shouma Arofah Sunnatan Lillahi Ta’aala

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala”.

Puasa Tarwiyah dan Arafah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji yang sedang menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Itulah beberapa penjelasan mengenai puasa tarwiyah dan puasa Arafah, niatnya, beserta keutamaan yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat.***

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan