Kapan Puasa Arafah Jelang Idul Adha 2022? Berikut Bacaan Niatnya dan Keutamaannya

Jabarekspres.com – Kapan puasa Arafah yang akan dilakukan menjelang Idul Adha tahun 2022? Untuk itu, mari kita simak artikel ini sampai selesai.

Memang, umat muslim ketika menjelang Idul Adha dianjurkan melaksanakan puasa sunnah. Lalu, untuk puasa sunnah tersebut adalah Puasa Arafah.

Puasa Arafah jatuh pada 9 Zulhijah di tahun Hijriyah, yakni hari ketika jamaah haji sedang melaksanakan wuquf di Arafah.

Lantas, kapan puasa Arafah tahun 2022? Puasa sunnah ini dapat dilaksanakan pada 9 Zulhijah atau 1 hari sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Namun untuk jadwal tepatnya, seluruh umat muslim harus menunggu keputusan jatuhnya Hari Raya Idul Adha 2022, yang akan ditetapkan oleh Pemerintah ataupun melalui Kemenag.

Apabila kita merujuk pada maklumat PP Muhammadiyah, jatuhnya 10 Zulhijah yaitu pada 9 Juli 2022. Jadi, puasa Arafah akan ditunaikan pada 8 Juli 2022.

Tetapi, jika merujuk pada keputusan Kemenag dan Nahdlatul Ulama (NU), maka puasa Arafah harus menunggu keputusan sidang isbat dan hasil rukyatul hilal.

Untuk bacaan niat puasa Arafah secara latin yaitu “Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ”, artinya ‘Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT’.

Apa saja keutamaan Puasa Arafah? berikut dikutip dari berbagai sumber.

  1. Menebus dosa selama 2 tahun
  2. Amalan yang disukai Allah
  3. Dilakukan pada hari Arafah
  4. Sunnah Rasulullah SAW
  5. Jauh dari siksa api neraka

Demikianlah informasi tentang puasa arafah jelang Idul Adha tahun 2022, lengkap dengan bacaan niat puasanya dan beberapa keutamaan dalam menjalankannya.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan