ARSSI dan PERSI Bogor Raya Sambut Baik Bertambahnya Lembaga Akreditasi Rumah Sakit

BOGOR – Hadirnya lima lembaga akreditasi rumah sakit yang baru disambut baik oleh Assosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) dan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Bogor Raya.

Sebelumnya, Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) merupakan satu-satunya lembaga akreditasi yang ada di Indonesia.

Hadirnya lembaga yang baru tersebut diantaranya, Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI), Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP), Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS), Lembaga Akreditasi Mutu Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAMKP), dan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI).

“Saat ini telah terdapat 6 lembaga akreditasi RS. Ini tentunya sangat positif karena terkait dengan pelaksanaan akreditasi, pengelola RS tidak hanya tergantung kepada satu lembaga seperti selama ini. Ada enam lembaga yang bisa bebas dipilih sebagai pelaksana akreditasi di masing-masing rumah sakit,” ungkap dr Yudhy Iskandar, Ketua ARSSI Bogor Raya, disela acara Halal bi Halal ARSSI dan PERSI Bogor Raya di Bogor, Kamis (30/6).

Dia mengaku, ARSSI tidak akan mengarahkan pengelola RS, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memilih salah satu lembaga akreditasi tertentu sebagai pelaksana akreditasi di RS anggota ARSSI.

“Pemilihan lembaga akreditasi itu bebas ditentukan oleh masing-masing pengelola RS. Pengelola RS bisa memilih salah satu dari enam lembaga yang sudah diakui oleh Kemenkes,” papar Direktur RS Annisa Bogor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.