Gempa Afghanistan 5.9 Magnitudo, 1.000 Orang Tewas

 

Getaran terlihat di negara-negara tetangga, dengan “guncangan kuat dan panjang” terasa di ibu kota Afghanistan, Kabul, menurut seorang penduduk yang memposting di situs Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.

 

Kematian juga dilaporkan di provinsi timur Khost dan Nangarhar, kata Mohammad Nassim Haqqani, kepala otoritas tanggap bencana Afghanistan.

 

Upaya penyelamatan kemungkinan akan rumit karena banyak lembaga bantuan internasional meninggalkan Afghanistan setelah Taliban mengambil alih kendali tahun lalu dan penarikan mundur militer AS yang kacau dari perang terpanjang dalam sejarahnya. Tim penyelamat bergegas ke daerah itu dengan helikopter.

 

Jumlah korban tewas, yang diberikan oleh pejabat darurat Afghanistan Mawlawi Sharafuddin Muslim, menjadikannya gempa paling mematikan sejak 2002, ketika gempa berkekuatan 6,1 menewaskan sekitar 1.000 orang di Afghanistan utara, segera setelah invasi pimpinan AS menggulingkan pemerintah Taliban setelah 9/ 11 serangan.

 

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, menyampaikan belasungkawa atas gempa bumi dalam sebuah pernyataan, mengatakan negaranya akan memberikan bantuan kepada rakyat Afghanistan. Di Vatikan, Paus Fransiskus memanjatkan doa untuk semua yang terbunuh dan terluka dan untuk “penderitaan penduduk Afghanistan yang terkasih”.

 

Afghanistan dan wilayah Asia selatan yang lebih luas di sepanjang pegunungan Hindu Kush telah lama rentan terhadap gempa bumi yang menghancurkan.

 

Menanggapi rezim baru, banyak negara memberlakukan sanksi terhadap sektor perbankan Afghanistan dan memotong bantuan pembangunan senilai miliaran dolar. Namun, bantuan kemanusiaan terus berlanjut, dengan badan-badan internasional seperti PBB masih beroperasi.

 

(theguardian.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan