GEGER, Gempa Magnitudo 7,5 Guncang Taiwan, Tsunami Setinggi 3 Meter Diperkirakan Menerjang  Hingga ke Jepang

JABAR EKSPRES – Gempa dahsyat baru saja mengguncang Taiwan, Gempa diperkirakan terjadi di lepas pantai Taiwan dengan kekuatan besar mencapai magnitudo 7,5.

Gempa terjadi pada Rabu (3/4) sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Dengan kedalaman 15,5 km berada di titik pusat gempa di lepas pantai timur Taiwan.

Gempa tersebut digetahui menjadi gempa terbesar yang pernah terjadi di Taiwan, bahkan dampaknya bisa dirasakan hingga ke Filipina dan Jepang,

Akibat dari guncangan dahsyat tersebut menyebabkan aliran listrik mengalami padam di beberapa kota karena banyak jaringan yang rusak.

Baca juga :  Video tentang Gempa Megathrust Lumpahkan Jakarta Viral di TikTok, BMKG Sebut Begini!

Dampak lain yang terjadi akibat Perisiwa menerikan tersebut, adalah terjadinya tsunami yang melanda pulau-pulau dibagian selatan Taiwan hingga ke Jepang dan Filipina.

Bahkan Badan Meteorologi Jepang (JMA) sampai mengelurakan peringatan tsunami dan perintah evakuasi untuk daerah pesisir prefektur selatan Okinawa.

“Gelombang tsunami setinggi tiga meter (10 kaki) diperkirakan akan segera melanda pulau-pulau terpencil Jepang di dekat Taiwan, termasuk pulau Miyakojima,” Tulis Badan Meterologi Jepang dalam keternagan resminya.

Baca juga : Belum Genap Sehari, Kabupaten Pangandaran Dua Kali Diguncang Gempa Bumi

Belum lagi kerusakan bangunan yang terjadi dibanyak kota disekitar pantai Timur Taiwan juga cukup parah, hal ini bisa dilihat dari tayangan TV Taiwan yang menampilkan rekaman bangunan runtuh di kawasan Hualien, yang memiliki jarak cukup dengan titik pusat gempa.

Yang mengenaskan adalah masih banyak orang-orang yang terjebak dalam reruntuhan gempa tersebut. Sehingga data jumlah korban belum bisa dipastikan.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan