Cara Menghafal Materi dengan Cepat dan Mudah Diingat

Jabarekspres.com- Bagi anak sekolah ataupun orang yang sedang kuliah pasti akan selalu menghadapi ujian. Salah satu cara agar tidak gagal dalam ujian adalah dengan cara belajar dan menghafalkan materi. Berikut cara menghafal agar selalu ingat.

Biasanya sebelum melaksanakan ujian oarang akan menghafal untuk kesuksesan ujiannya dan akhirnya mendapatkan nilai yang diharapkan.

Namun terkadang kita sulit sekali untuk menghafal. Mulai dari tak konsentrasi saat menghafat hingga materi yang sulit masuk ke otak.

Berikut adalah cara menghafal materi agar mudah diingat dan tak mudah lupa.

 

  1. Pahami Bacaan Menggunakan Rumus 5W+1H

Otak manusia akan lebih mudah memproses informasi yang terstruktur. Maka dari itu gunakanlah rumus 5W + 1H. berikut contohnya.

What: Apa topik yang sedang berusaha kamu hafalkan?

Who: Siapa saja yang terlibat pada topik tersebut?

When: Kapan waktu terjadi?

Where: Di mana tempat kejadiannya?

Why: Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

How: Bagaimana proses terjadinya?

Metode ini sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang menghapal materi sejarah. Dengan membuat pertanyaan-pertanyaan seperti di atas kamu akan lebih mudah mengingatnya.

Jangan lupa untuk membuat catatan kecil untuk membantu kamu dalam menghafal materi tersebut.

 

  1. Mencari Informasi Utama yang Disajikan

Kebanyakan dari orang yang sedang menghafal adalah menghafal kalimatnya saja.Cobalah cari tahu informasi utama yang diberikan.

Caranya, dengan memberikan highlight atau warna terang ketika menemukan informasi pokok. Informasi yang penting terdapat pada awal paragraf atau akhir paragraf.

Pemberian highlighter akan memudahkan proses pencarian. Kamu tidak perlu membaca ulang semua kalimat karena bagian yang penting sudah bertanda khusus.

 

  1. Bermain Kata 

Caranya adalah lihat terlebih dahulu kalimat yang akan dihafal. Selanjutnya, carilah padanan kata, terutama yang sesuai dengan konteks.

Otak bisa memproses informasi baru lebih cepat karena sudah ada pengetahuan atau ingatakn sebelumnya. Usahakan membuat padanan dari kata yang sudah kamu ketahui.

Kamu bisa gunakan metode ini untuk menghafalkan rumus-rumus, unsur-unsur kimia, dan sebagainya.

 

  1. Menulis Ulang Poin Penting

Tinggalkan Balasan