Cara Menghafal Materi dengan Cepat dan Mudah Diingat

Nah, jika kamu membaca suatu materi cobalah untuk menuliskannya kembali. Secara langsung, otak akan memanggil kembali informasi yang sudah didapatkan dan menyimpannya kembali.

Agar lebih menarik, buatlah catatan disertai gambar-gambar menarik. Bisa juga kamu menulis menggunakan pena berwarna.

Kamu juga bisa membuat peta konsep dalam menghapal materi agar lebih mudah dipahami oleh dirimu.

  1. Memberikan Jeda Ketika Menghafal

Jangan memaksa otakmu untuk belajar dan menghafal terus menerus, apalagi dengan SKS (Sistem Kebut Semalam).

Berilah jeda istirahat pada otakmu karena jika terus dipaksa kamu akan merasa pusing. Sebaiknya, kamu mengambil jeda atau mengistirahatkan otak dengan belajar topik lain.

Mempelajari topik yang sama terkadang membuat otak merasa jenuh. Apabila diselingi dengan topik berbeda, pikiran akan segar kembali dan siap menerima informasi baru.

 

  1. Belajar Saat Mood sedang Baik

Jika kamu sedang merasa sedih, marah, atau pun bad mood, maka menghafal akan lebih sulit. Jadi ari tahu waktu terbaik yang membuatmu fokus.

Biasanya, ketika waktu tersebut tiba, mood akan menjadi baik dan kegiatan menghafal tidak lagi menjadi beban.

Jika moodmu sedang tidak baik maka perbaikilah moodmu terlebih dahulu. Setelah moodmu kembali mulailah belajar.

Pilihlah juga waktu yang membuatmu fokus. Sebagai contoh Terdapat tipe orang yang bisa fokus belajar pada malam hari, tetapi ada juga yang justru bisa fokus menghafal pada pagi hari.

Itulah cara menghafal materi agar mudah diingat dan tak cepat lupa. Setiap orang mempunyai metodenya masing-masing dalam belajar dan menghafal.

Artikel ini hanya sebagai referensi bagi kamu yang belum menemukan cara menghafal dan belajar yang tepat. Selamat mencoba.***

 

Tinggalkan Balasan