Viral, Warga Asing Panjat Pohon Suci di Bali jadi Bulan-bulanan Warga

JABAREKSPRES.COM – Warga asing asal Australia jadi sasaran omelan warga saat nekad panjat pohon suci di Bali, pada Sabtu (11/6). Pasalnya bule bernama Samuel Lockton ini menolak untuk turun saat diminta baik-baik oleh warga.

Pohon beringin suci yang disakralkan warga tersebut berada didepan pura Dalem Prajapati di Banjar Dakdakan, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan. Tepatnya di pinggir Jalan Denpasar – Gilimanuk.

Karena berada dipinggir jalan, sehingga aksi nekad bule tersebut spontan mengundang kehadiran warga. Bahkan Pengguna jalan yang melintas ikut berhenti untuk menghentikan ulah Samuel Lockton.

Mereka marah ada orang asing nekat memanjat pohon sakral itu. Pohon beringin ini disebut sakral karena berada di dekat Setra Banjar Dakdakan dan berusia ratusan tahun.

Beberapa saksi di lokasi kejadian mengatakan aksi nekat itu dilakukan Samuel Lockton sekitar pukul 15.00 WITA.

Bule yang diketahui menginap di salah satu hotel di Jimbaran, Kuta, Badung, itu naik pohon beringin setinggi 10 meter dengan bertelanjang dada.

Bali Warga dan pengguna jalan yang berhenti di depan Pura Prajapati segera minta Samuel Lockton turun karena aksinya melanggar adat dan istiadat masyarakat Bali. Namun, permintaan tersebut ditolak sang bule.

“Sudah disuruh turun, tetapi tidak mau,” ujar warga di lokasi kejadian. Bahkan, personel BPBD Tabanan yang diturunkan ke lokasi kejadian untuk membujuk bule gila itu tidak berhasil.
Setelah bernegosiasi sekian lama, Samuel Lockton akhirnya bersedia turun dari pohon beringin. Untuk menghindari amukan massa, warga segera mengamankan bule gila itu ke Polsek Kediri, Tabanan.

“Dia mengaku tidak tahu kalau pohon itu adalah pohon yang disucikan,” kata Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra kepada awak media. Kepolisian diketahui masih menyelidiki kasus ini. (jpnn/rit)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan