Sering Terpapar Sinar Matahari? Berikut 6 Tips Ampuh Cegah Penuaan Dini

JABAREKSPRES – Bagi masyarakat Indonesia, matahari adalah teman ketika menjalani berbagai aktivitas di luar ruangan. Meskipun sinar matahari mempunyai manfaat positif untuk tubuh, terpapar terlalu lama juga bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius.

Beberapa dampak negatif yang mungkin dialami ketika terpapar sinar matahari terlalu lama. Dampak negatif tersebut adalah muncul tanda-tanda penuaan seperti kerutan, penipisan kulit, dan kehilangan elastisitas. Bahkan paling parah, terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menimbulkan kanker kulit.

Meski terdengar mengerikan, semua masalah tersebut bisa dihindari kok jika kalian melakukan sejumlah tindakan pencegahan tertentu  untuk membatasi kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan yang menyertainya.

Dilansir dari Bestlife, berikut 6 cara jitu terhindar dari penuaan dini meskipun sering terpapar matahari.

  1. Oleskan tabir surya dengan benar

Kita pasti sudah tahu jika tabir surya penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Tapi tahukah kalian, bagaimana cara mengaplikasikan tabir surya itu dengan benar?

“Saya merekomendasikan pasien saya menggunakan SPF minimal 50 dan menerapkannya di pagi hari dan setidaknya 30 menit sebelum pergi keluar,” kata Adrienne O’Connell, DO, direktur medis dan presiden Laguna Beach Aesthetics.

“Gunakan sekitar satu sloki tabir surya untuk tubuh, dan seperempat sendok teh untuk wajah kalian.”

Jika di luar ruangan, oleskan ulang setiap dua jam. Jika di dalam air, aplikasikan kembali setiap jam. Selain itu, pilih produk dengan perlindungan UVA dan UVB spektrum luas, cari bahan-bahan seng oksida, titanium dioksida, atau avobenzone, yang menawarkan perlindungan fisik dan kimia.

  1. Pakai topi yang tepat

Sun hat atau topi anti matahari bukan sekadar untuk mempercantik penampilan, tetapi ini juga dapat melindungi kulit dari efek penuaan akibat sinar matahari.

Angela Casey, MD, pendiri perawatan kulit dan dermatologis Bright Girl di Center for Surgical Dermatology and Dermatology Associates di Ohio menyarankan untuk memilih topi bertepi lebar yang memiliki peringkat SPF untuk melindungi telinga, wajah, dan leher.

Perlu diingat jika topi baseball dan visor tidak sesuai untuk kondisi ini. Casey mengatakan itu membuat telinga tetap terpapar dan tidak memberikan perlindungan pada area wajah dan leher bagian bawah.

Tinggalkan Balasan