Biografi Lengkap Airlangga Hartarto

BANDUNG – Sebagian masyarakat mungkin belum banyak yang mengetahu mengenai pejalanan karier Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga Hartarto adalah sosok yang dinilai berhasil dan patut menjadi  inspirasi generasi muda.

Airlangga pahir pada 1 Oktober 1962. Dia lahir dari pasangan (alm) Ir. Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi.

Ayahnya adalah nama orang kepercayaan waktu pemerintahan Presiden Soeharto dan masuk ke dalam jajaran Orde Baru.

Selama lima belas tahun, tiga periode, ayah Airlangga ini menjabat sebagai menteri di berbagai posisi.

Ir. Hartarto Sastrosoenarto pertama kali masuk kabinet sebagai Menteri Perindustrian Kabinet Pembangungan VI.

Kemudian berpindah sebagai Menteri Koordinator Bidang Produksi dan Distribusi Kabinet Pembangunan VI.

Terakhir, ia menyelesaikan perjalanan sebagai pejabat dengan Menteri Koordinator Pengawasan dan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Pembangunan VII.

Peran Ir. Hartarto sebagai pemrakarsa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1984 tentang perindustrian, saat mulai menjabat di tahun 1983 sebagai Menperin dua periode saat itu, berhasil meraih PDB nasional sekitar 28 persen.

Kini sang anak, Airlangga Hartarto mengikuti jejang sang ayah. Setelah lulus dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada pada 1987, Airlangga kemudian  melanjutkan gelar master di Monash University, Australia pada 1996.

Setahun kemudian, ia meraih Master of Management Technology dari The University of Melbourne, Australia.

Kecintaannya akan almamater UGM, tak menjadikan dirinya sungkan untuk terus terlibat di tengah kesibukannya sebagai pengusaha dan politisi.

Tercatat ia adalah anggota Majelis Wali Amanat UGM selama sepuluh tahun sejak 2002 hingga 2012, Wakil Ketua Umum Keluarga Alumni UGM (KAGAMA) 2005-2009 dan Anggota Dewan Penasihat KAGAMA 2009-2014.

Airlangga menjabat Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM di tahun 2003, ia adalah satu dari pemrakarsa Herman Johannes Award, suatu penghargaan di bidang inovasi teknologi.

Perjalanan Bisnis Hingga Politik Airlangga Hartanto

Airlangga Hartarto sejatinya seorang pengusaha dalam perjalanan awal karirnya. Selepas lulus kuliah ia memulai bisnis lewat PT. Graha Curah Niaga.

Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi pupuk. Airlangga kemudian menempati posisi Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa (FASW) di tahun 1987.

Tinggalkan Balasan