Mudah! Begini Cara Merawat Ikan Guppy, Bagi Pemula

Jabarekspres.com- Ikan jenis Guppy adalah ikan aquarium yang paling sering diminati untuk dipelihara. Ikan Guppy adalah ikan tropis yang berukuran kecil yang dikenal dengan sirip ekor berbulu dan sisik yang berwarna-warni. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara ikan Guppy, berikut cara merawat ikan Guppy.

Banyak yang menyebutkan bahwa ikan ini sama seperti ikan cupang. Padahal ikan ini berbeda dengan ikan cupang.

Namun sama seperti ikan cupang, ikan jenis ini memiliki warna yang eksotis. Ikan guppy biasanya berwarna kuning, merah, biru, hijau, hitam, putih, atau oranye bergantung spesiesnya.

Ikan ini mrupakan jenis ikan yang mempunyai ukuran yang kecil. Panjang tubuh yang berjenis kelamin betina antara 4-6 cm, sedangkan jantannya lebih kecil dengan ukuran sekitar 2,5-3 cm.

Berbeda dengan ikan cupang yang hidup dengan soliter, ikan ini hidup secara berkelompok.

Berikut cara merawat ikan Guppy di aquarium yang kami kutip dari laman 99.co.

  1. Menjaga Kualitas Air di Akuarium

guppy merupakan ikan hias yang kuat dan mudah kamu rawat. Namun, tetap saja tempat di mana guppy tinggal harus kamu perhatikan dengan baik.

Salah satunya ialah menjaga kualitas air di dalam akuarium. Pastikan bila kualitas air berada di angka 6,8 sampai 72 pH yang dapat dipantau menggunakan alat khusus.

Lalu  jaga suhu air di antara angka 25 derajat celcius; dari 24 sampai 28 derajat celcius.

  1. Rajinlah Mengganti Air Akuarium

Melansir laman tribunnews.com, ternyata saat membersihkan air, tak baik bila memindahkan guppy ke wadah lain selain akuarium. Maka dari itu, kala hendak membersihkan akuarium, buang air sebanyak 15 persen saja dari total kapasitas.

selanjutntya, bersihkan akuarium dengan sisa air dan ikan guppy di dalam akuarium, menggunakan berbagai alat khusus.

Jika sudah bersih, kamu bisa menambah air baru, sebanyak 15 persen atau seperti semula.Kuraslah air aquarium minimal satu hingga dua minggu sekali.

  1.  Buat Serupa Habitat Asli

Agar ikan mu betah dalam aquarium, maka buat lah aquarium seperti tempat hidupnya di alam liar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan