Miris, Kondisi Jalan Panyawungan di Cileunyi Rusak Parah dan Membahayakan

CILEUNYI – Kondisi jalan di wilayah Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung mengalami rusak parah dan belum ada perbaikan.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, akses yang kerap dilintasi kendaraan itu termasuk dalam kategori Jalan Kabupaten Bandung.

Dari pantauan di lokasi, kondisi jalan yang rusak parah berada tepat di sebelah kiri Jalan Raya Bandung-Garut menuju area lingkungan industri dan pemukiman warga alias Jalan Panyawungan.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Kecamatan Cileunyi, Dadang Sumpena mengatakan, untuk Jalan Panyawungan yang kondisinya rusak parah, kewenangan perbaikannya ada di tingkat Pemerintahan Kabupaten Bandung.

“Perbaikan kerusakan jalan Panyawungan kewenangannya ada di pihak Pemkab Bandung karena jalan tersebut statusnya jalan kabupaten,” kata Dadang pada Senin (23/5).

Hal senada disampaikan Kepala Desa Cileunyiwetan, Hari Haryono. Dia berujar, untuk memperbaiki Jalan Panyawungan kewenangan Pemkab Bandung.

“Mudah- mudahan tahun ini jalan Panyawungan yang rusak segera diperbaiki,” ucap Hari.

Sementara itu, salah seorang pengendara roda dua, Nasrul Nasrudin (24) warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung mengaku, kerap melintasi Jalan Panyawungan.

“Sering lewat kalau pergi biar lebih deket jadi lewat jalan belakang, tembusnya ke sini (Jalan Panyawungan). Memang rusaknya lumayan udah lama,” ujar Nasrudin.

Dia menuturkan, karena kerusakan Jalan Panyawungan yang cukup parah, maka setiap melintasi area tersebut harus ekstra hati-hati.

“Takutnya kepeleset karena ada kubangan air juga, bisa jadi ada batu-batu kecil yang bikin ban motor slip, atau khawatir nyipratin air kubangan ke pejalan yang lewat,” imbuh Nasrul.

Mirisnya, kusaknya Jalan Panyawungan yang terkesan terabaikan itu disamping merupakan kategori jalan kabupaten, akses jalan tersebut menghubungkan ke beberapa pabrik besar, sejumlah komplek perumahan hingga Mapolsek Cileunyi.

Salah seorang warga Panyawungan, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Mulyadi (45) berharap, Jalan Panyawungan yang kondisinya memperhatikan itu dapat secepatnya diperbaiki.

“Saya selaku warga Kampung Panyawungan Desa Cileunyi Wetan mewakili para pengguna jalan sangat berharap jalan Panyawungan dengan status jalan kabupaten ini segera tersentuh perbaikan,” pungkas Mulyadi. (mg5)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan