Malas Cari Lokasi Penukaran Uang Baru, Begini Cara Tukar Uang Secara  Online

JABAREKSPRES.COM Menjelang lebaran Idul Fitri 2022, memasuki waktu mudik,  maka salah satu yang paling diburu adalah penukaran uang baru. Karenanya kini ada kemudahan untuk tukar uang secara online.

Sudah menjadi tradisi, apabila pulang kampung maka akan banyak  keluarga besar yang berkunjung untuk bersilaturahmi. Sebagai salah satu bukti pencapaian selama merantau, kebanyakan orang akan membagi-bagikan angpau yang berisi uang baru kepada keponakan ataupun sodara.

Bank Indonesia (BI) kini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat  menukarkan uang baru tanpa  harus berlama-lama mengantre di Bank. Atau harus mencari lokasi Penukaran uang baru yang tidak  ada potongan.

Sebetulnya banyak lokasi-lokasi penukaran uang baru, bahkan dipinggir-ppinggir jalan banyak yang menawarkan jasa penukaran uang, namun dengan potongan cukup  tinggi, bahkan bisa mencapai 5 persen dari jumlah uang yang ditukarkan.

Karenanya, BI membuat terobosan baru penukaran uang dengan cara online melalui aplikasi PINTAR BI atau melalui kas keliling.

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia pintar.bi, begini tatacara penukaran uang onlline  dengan pemesanan terleih dahulu melalui aplikasi Pintar BI

Jenis pecahan uang Rupiah yang dapat diperoleh masyarakat melalui penukaran kas keliling adalah uang Rupiah kertas pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Jumlah uang Rupiah yang dapat diperoleh masyarakat melalui kas keliling tidak lebih dan tidak kurang dari 100 (seratus) lembar untuk setiap pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Sebagai contoh, masyarakat dapat memperoleh penukaran uang Rupiah melalui kas keliling untuk:

Masing-masing sebanyak 100 (seratus) lembar untuk pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000, sehingga jumlah nominal penukaran sebesar Rp3.800.000 (tiga juta delapan ratus ribu Rupiah);

Tata cara pemesanan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling menggunakan aplikasi PINTAR

Pada halaman utama PINTAR, Sobat Rupiah dapat memilih menu kas keliling.

Sobat Rupiah selanjutnya memilih provinsi lokasi penukaran uang Rupiah melalui kas keliling yang diinginkan.

Aplikasi PINTAR selanjutnya menampilkan daftar lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia yang dapat dipilih oleh Sobat Rupiah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan