Sejarah Hari Bumi dan Hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menyelamatkan Bumi

  1. Menanam Pohon

Pohon merupakan mahluk hidup yang bisa menyelamatkan bumi dari pemanasan global, karena pohon sendiri bisa menyerap karbon dioksida atau CO2 yang yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global.

 

  1. Melestarikan Hutan

 

Hutan memiliki banyak fungsi seperti, paru-paru dunia yang menyuplai Oksigen, sumber keanekaragaman hayati karena hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis flora dan fauna, sumber cadangan air, dan sebagainya.

Fungsi hutan begitu penting terutama dalam mengurangi dampak pemanasan global

  1. Mengurangi Penggunaan Mobil dan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Penggunaan mobil pribadi menjadi penyumbang CO2 terbesar bila tidak ada pengaturan penggunaan mobil pribadi dengan baik.

Selain itu, pengecekan rutin uji emisi kendaraan bermotor dapat meminimalisir jumlah gas buangan CO2.

  1. Mengurangi penggunaan bahan perusak Ozon

Penggunaan bahan perusak ozon seperti yang biasa digunakan pada bahan pelarut dan pembersih, alat pendingin (kulkas dan AC), hair spray, semprotan nyamuk, dan sebagainya secara berlebihan menyebabkan bolongnya lapisan ozon sehingga menimbulkan terjadinya pemanasan global.

 

  1. Penggunaan Energi Alternatif Baru

 

Selama ini sebagian besar energi listrik kita dihasilkan dari pembakaran batubara ataupun minyak bumi yang menghasilkan gas rumah kaca.

Penggunaan energi terbaharui dengan memanfaatkan tenaga air, angin, dan panas bumi dapat mengurangi produksi CO2 yang dilepas ke udara.

Itulah beberapa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global.***

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan