Penting Untuk Pemudik, Sebagian Jalur Mudik Pantura Gelap, Ada 14 Ribu Titik Lokasi Tanpa PJU di Kabupaten Cirebon

CIREBON – Sebanyak 14 ribu titik lokasi arus mudik yang berada di jalur Pantura Cirebon tidak ada Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal ini menuntut kewaspadaan ekstra dari para pemudik khususnya yang memilih melakukan perjalanan dimalam hari.

Jumlah tersebut hanya yang berada diwilayah Kabupaten Cirebon, belum lagi yang di wilayah lain. 14 ribu titik tanpa PJU tersebut tersebar di jalan nasional, jalan provinsi juga jalan kabupaten.

Hal ini sangat mengkhawatirkan, mengingat, tahun ini diprediksi akan terjadi lonjakan pemudik setelah dua tahun berturut-turut masyarakat dilarang pulang kampung.

Karenanya kesiapan jalur mudik perlu menjadi prioritas demi mengurangi angka kecelakaan, dan menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik yang melintas.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon, Hilman Firmansyah tidak menampik hal tersebut. Dia menjelaskan saat ini PJU yang ada sudah, baru tersebar di 13 ribu titik. Idealnya masih perlu 14 ribu lagi.

“Sekarang 13 ribu titik. Idealnya 14 ribu titik lagi yang belum dipasang. Kalau yang sudah terpasang, pasti terang,” katanya, kepada Radar Cirebon.

Dishub, sudah berusaha maksimal melakukan perbaikan PJU di lokasi yang masih menjadi tanggung jawabnya.

Misalnya PJU di Jalur Palimanan sampai dengan Kedawung. Di lokasi ini sudah menyala dengan baik.

Jalur Pantura Cirebon Butuh Belasan Ribu PJU
Sementara di jalur nasional, banyak yang belum menyala. Misalnya di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

“Untuk di wilayah timur Cirebon kita masih koordinasi. Walaupun itu bukan kewenangan kita, tapi tetap kita upayakan,” tuturnya.

Hilman menambahkan, kendala dalam perbaikan dan pemasangan PJU adalah terlalu jomplangnya antara usulan dengan realisasi. Baik kepada pemerintah pusat, maupun provinsi.

Ia berharap, pihak pusat maupun provinsi memberikan bantuan, maupun material untuk memperbaiki PJU yang rusak.

“Tahun lalu sudah mengajukan, namun belum terealisasi, kita masi bersabar. Mudah-mudahan di tahun depan bisa terealisasi. Kita sudah mengajukan material untuk perbaikan PJU. Kalau ada material, kita siap membantu provinsi dan nasional.”

“Kita siapkan SDM nya. Lima mobil PJU kita juga sudah siap semua,” katanya. (rc/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan