5 Hikmah Puasa Ramadhan, Bagi Dunia dan Akhirat

 

  1. Latihan Mengontrol Hawa Nafsu

Puasa secara langsung melatih diri dan jiwa dari serangan hawa nafsu. Dengan berpuasa karena Allah SWT, seseorang diharapkan dapat menguasai dan mengontrol perbuatan-perbuatan yang dilarang.

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, alangkah baiknya menghabiskan waktu untuk mengerjakan hal-hal bermanfaat,

Atau perbuatan yang dapat menciptakan kebaikan dan kebahagiaan dunia serta akhirat. Saat diri dapat meninggalkan kesenangan dunia sejenak, saat itulah dapat dikatakan bahwa kita telah mampu mengendalikan jiwa kita sendiri. Dan hal ini semua dilakukan karena Allah.

 

  1. Berusaha Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Dalam keadaan berpuasa, orang cenderung ingin selalu berbuat baik pada sesama dan menjauhi segala larangan Allah SWT.

Hal ini adalah salah satu hikmah puasa yang baik, karena jika kita tergoda untuk melakukan perbuatan maksiat atau tercela, maka akan menjadi sia-sia pula ibadah yang telah dilakukan.

Rasullullah SAW bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja”

Maka dari itu saat berpuas dianjurkan untuk kita menyibukan diri melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Dan tinggalkan kegiatan atau perbuatan yang merugikan dan perbuatan dosa.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAWbersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta malah mengamalkannya, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan”.

Puasa bukanlah sekedar hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan lagwu dan rofats.

Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, Aku sedang puasa, aku sedang puasa.

 

  1. Merasakan Penderitaan Orang yang Tidak Mampu

Ketika berpuasa, orang akan merasa kelaparan dan kehausan. Dengan ini, seseorang akan merasakan apa yang selama ini dirasakan oleh orang-orang miskin, fakir, yang hidupnya penuh kekurangan.

  1. Baik untuk Kesehatan

Tak hanya hikmah yang berbau ke akhiratan saja, hikmah berpuasa juga bisa membantu meningkatkan kesehatan.

Ketika hari-hari biasanya kita akan banyak makan setiap hari. Namun ketika berpuasa organ percernaam diistirahatkan terlebih dahulu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan