Sering Salah Beli Alpukat Matang? ini Cara Memilih Alpukat yang Bagus 

JABAREKSPRES.COM – Buah Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak baik yang sangat berguna untuk kesehatan. Namun seringkali kita tidak tahu cara memilih buah alpukat yang bagus.

Padahal buah ini mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan risiko penyakit jantung serta diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini, tentu harus tahu kondisi kematangan terbaik saat siap dikonsumsi.

Karena Alpukat adalah salah satu buah yang tidak bisa langsung dinikmati sesaat setelah dipetik, tapi harus menunggu hingga kematangan yang sempurna.

Karenanya tidak sedikit yang kecewa dengan buah ini karena tidak tahu saat yang tepat untuk membuka buah yang berwarna kulit hijau ini.

Sesaat setelah dipetik dari pohon, buah alpukat akan menjalani serangkaian proses untuk mencapai tingkat kematangan yang tepat.

Oleh karena itu, tidak jarang akan menemukan beberapa alpukat yang belum matang, dengan rasa pahit atau malah terlalu matang saat dibeli dari supermarket.

Berikut tips dan beberapa cara memilih alpukat yang matang seperti yang dilansir dari hellosehat.com.

1. Memeriksa kelunakan alpukat

Salah satu ciri alpukat matang adalah daging buahnya yang terasa lunak. Anda bisa memeriksa lunak tidaknya dengan menekannya lembut. Jangan menekan daging buahnya dari luar terlalu dalam.

Alpukat yang sudah matang biasanya empuk ketika ditekan. Jika mendapatinya masih keras, Anda mungkin harus menunggu beberapa hari lagi sebelum dimakan.

2. Terlihat dari warna yang lebih hijau

Ciri alpukat matang yang kedua dapat Anda lihat dari warna kulitnya. Apabila alpukat memiliki kulit hijau yang lebih lebih terang dibandingkan yang lainnya, mungkin alpukat tersebut masih belum mencapai tingkat kematangannya.

Alpukat yang matang biasanya menghasilkan warna yang hijau gelap, hampir seperti warna hitam. Oleh karena itu, salah satu cara yang baik untuk memilih alpukat yang matang adalah dengan melihat warnanya.

3. Menarik batang alpukat

Warna dan tingkat kelembutannya sudah diperiksa, tetapi Anda masih tidak yakin kalau alpukat yang Anda pilih sudah matang?

Mungkin Anda bisa sedikit menarik batang yang ada di ujung alpukat untuk memeriksa warnanya. Jika sudah berwarna cokelat, artinya alpukat Anda sudah terlalu matang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan