Tips Agar Tak Ngantuk Saat Jam Kerja

JAKARTA – Rasa ngantuk dapat menurunkan performa kerja seseorang saat jam kerja seperti tidak fokus dan bisa menimbulkan kesalahan.

“Berdasarkan dari pengalaman ngantukers yang saya temui, penyebabnya adalah karena tidurnya yang gak benar,” kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dari channel Youtubenya, Sabtu (5/3).

“Kalau tidurnya benar, gak akan ngantuk. Jangan tidur larut,” tambahnya.

Selain harus memiliki jam tidur malam yang benar, mengatur menu sarapan juga penting agar tidak ngantuk saat jam kerja.

“Jangan banyak sarapan yang mengandung karbohidrat tinggi di pagi hari,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, membatasi makanan seperti nasi saat sarapan, adalah penting agar terhindar dari ngantuk yang tidak diinginkan.

Makanan bertepung juga termasuk dalam kategori makanan, yang harus dihindari saat sarapan, atau setidaknya dibatasi konsumsinya.

Ketimbang terlalu banyak makan yang tinggi karbohidratnya, dengan diselingi makan buah-buahan, salah satunya seperti alpukat, akan membantu orang terhindar dari mengatuk saat jam kerja.

Dia juga menambahkan, ada juga mereka yang ngantuk, disebabkan oleh kekurangan glukosa.

Pada kasus yang seperti ini, dia menganjurkan orang untuk minum sesuatu yang manis.

“Namun bukan dari teh (manis), bikin saja air madu. Bawa madu ke kantor, bikin dengan air hangat, kasih madu dan sedikit garam,” ujarnya.

Dia menambahkan dengan bergerak saat mengantuk, akan mampu membantu untuk lebih terjaga.

“(Ketika ngantuk) coba untuk stretching (merenggangkan otot), hal ini dapat mencegah ngantuk. Karena aliran darah akan menjadi lebih lancar setelah melakukan gerakan tadi,” pungkasnya. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan