Tips Pilih Makanan Sebelum dan Sesudah Olahraga

JAKARTA – Makanan bergizi adalah bagian penting saat memutuskan untuk berolahraga. Baik masyarakat umum maupun atlet, konsumsi makanan sehat bisa memastikan energi yang cukup untuk berolahraga, meningkatkan pemulihan otot, meningkatkan kinerja mental, dan membantu menjaga komposisi tubuh yang sehat.

Ahli Olahraga dan Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan mengatakan sebelum dan sesudah berolahraga Anda bisa mengonsumsi makanan ringan atau camilan sehat. Keduanya dikonsumsi di antara waktu makan utama, diperlukan untuk mendapatkan tambahan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

“Jumlah dan jenis makanan ringan harus ditentukan oleh jadwal aktivitas, akademik, kegiatan fisik, bahkan waktu tidur Anda. Kuncinya adalah membuat pilihan makanan ringan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan tujuan Anda,” kata Dana Ryan secara daring baru-baru ini.

Berikut adalah tips tentang makanan yang sehat sebelum dan sesudah olahraga:
1. Kombinasikan Protein Tanpa Lemak dengan Karbohidrat dan/atau Lemak Sehat
Pikirkan keseimbangan saat mencari makanan ringan untuk menahan rasa lapar. Padukan makanan kaya protein dengan karbohidrat atau lemak sehat untuk camilan seimbang. Sangat penting untuk memiliki protein tanpa lemak di setiap makanan dan camilan untuk mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot. Protein juga membangkitkan rasa kenyang, serta membantu menangkal rasa lapar sampai waktu makan berikutnya.

Karbohidrat memberi tubuh dan otak asupan energi. Pilih biji-bijian utuh, seperti roti gandum utuh, biskuit atau sereal berserat tinggi, untuk energi yang tahan lama. Lemak sehat, seperti selai kacang atau alpukat, juga memberikan energi dan daya tahan bagi tubuh.

Contoh makanan yang seimbang termasuk yogurt, roti isi dengan daging (sandwich), smoothie buah yang dibuat dari yogurt, pisang dengan selai kacang, keju dan buah.

2. Jangan Abaikan Isyarat Rasa Lapar

Perhatikan tubuh dan isyarat rasa lapar. Sinyal umum termasuk perut keroncongan atau menggeram, kelelahan, gemetar atau pusing, dan konsentrasi yang buruk.

Jika memiliki gejala-gejala ini, berarti tubuh sudah terlalu banyak menghabiskan energi. Mampu mengenali sinyal-sinyal ini sangatlah penting untuk tubuh anda. Di saat seperti ini, Anda akan membutuhkan energi untuk menopang aktivitas Anda kembali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan