Daftar Masjid Dengan Desain Unik Karya Ridwan Kamil, Salah Satu Dibangun di Gaza Palestina

JABAREKSPRES.COM – Ridwan Kamil, namanya kian dikenal saat dia menjadi Walikota Bandung, dan kemudian menjadi Gubernur Jawa Barat. Padahal sejak sebelumnya, Ridwan Kamil telah menorehkan banyak prestasi terutama karena karya desainnya yang unik pada bangunan yang dibuatnya, salah satunya bangunan masjid.

Selain menjadi gubernur, Kang Emil sapaan karib Riwan Kamil diketahui pula sebagai arsitek yang cukup punya nama asal Indonesia.

Beberapa rancangan desainnya sudah tersebar di dalam sampai ke luar negeri. Kehebatannya dalam merancang desain bangunan, sebenarnya tak mengherankan. Sebab ia diketahui merupakan lulusan jurusan Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Keilmuannya kian terasah usai Kang Emil melanjutkan pendidikan pasca sarjana di University of California, Berkeley dengan konsentrasi ilmu Master of Urban Design.

Tak heran, jika Ridwan Kamil kerap diminta untuk membuat desain berbagai bangunan penting. Termasuk membuat desain masjid, Kang Emil sempat beberapa kali merancang rupa tempat ibadah untuk umat muslim tersebut.

Setiap desain masjid Ridwan kamil, dapat dibilang berbeda dari masjid pada umumnya. Lantaran sang gubernur acap memasukkan muatan filosofis dan nilai artistik ke dalam setiap rancangan masjid yang dibuatnya.

Penasaran, bagaimana bentuk desain masjid yang dibuat Ridwan Kamil, dikutip dari berbagai sumber, berikut bebebrapa banggunan masjid yang memiliki bentuk unik lain dari biasanya.

1. Masjid Syeikh ‘Ajlin

Desain masjid yang satu ini merupakan rancangan terbaru dari Kang Emil yang diberni nama Masjid Syeikh ‘Ajlin.

Masjid ini diproyeksikan akan dibangun di Gaza, Palestina untuk mengganti masjid serupa yang hancur karena perang. Menurut Kang Emil, Masjid Syeikh ‘Ajlin mempunyai simbol kemajuan zaman dan rancangan desainnya dibuat futuristik.

Namun demikian, pasca desain masjid ini dipublikasikan, banyak warganet yang menyebut jika rancangan desainnya mirip PS5.

2. Masjid Agung Al-Jabbar

Masjid ini dibangun di daerah Gedebage, Kota Bandung. Nama Al-Jabbar sendiri berasal dari salah satu Asmaul Husna yang memiliki arti Maha Gagah dan Maha Kuasa.

Keunikan dari masjid ini adalah adanya danau yang mengelili seluruh area masjid. Tak heran, jika masjid tersebut juga kerap disebut dengan Masjid Apung Al-Jabbar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan