Daftar Masjid Dengan Desain Unik Karya Ridwan Kamil, Salah Satu Dibangun di Gaza Palestina

3. Masjid Al-Safar

Berlokasi di kawasan Rest Area Tol Cipularang KM 88, masjid berikutnya bernama Masjid Al-Safar. Masjid ini sempat menyedot perhatian publik karena diklaim terdapat banyak simbol iluminati di dalam bangunannya.

Namun hal tersebut sudah dibantah oleh Ridwan Kamil. Walau sempat dilanda kontroversi, ternyata Masjid Al-Safar pada tahun 2019 lalu, pernah dinominasikan sebagai arsitektur terbaik dalam Abdullatif Al Fozan Award 2019.

4. Masjid Al-Irsyad

Desain masjid Ridwan Kamil selanjutnya adalah Masjid Al-Irsyad yang terletak di Padalarang, Kabupaten Badung Barat. Saat awal kemunculannya, masjid ini sempat mencuri perhatian publik karena desainnya tak seperti bangunan masjid pada umumnya.

Ia berbentuk kubus yang terinspirasi dari bentuk Ka’bah di Masjidil Haram. Berkat desain apiknya, Masjid Al-Irsyad sempat beberapa kali menyabut pernghargaan di dunia arsitektur.

5. Masjid 99 Kubah Makassar

Desain masjid Ridwan kamil pun ada di Pulau Sulawesi, tepatnya di Makassar. Nama masjid tersebut ialah Masjid 99 Kubah Makassar.
Sepertinya namanya, masjid ini miliki 99 kubah yang terinspirasi dari konsep Asmaul Husna.

6. Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi

Terakhir ada Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi. Masjid ini dibangun di kawasan Summarecon Bekasi dan memiliki daya tampung hingga 1500 jamaah.

Hampir mirip dengan Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Masjid Al-Azhar bentuk bangunannya terinspirasi dari Ka’bah di Masjidil Haram.

Itulah beberapa masjid yang pernah dibuat oleh Ridwan Kamil. Selain daftar masjid di atas, masih ada beberapa masjid keren yang dirancang oleh sosok Gubernur Jawa Barat

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan