Cara Menyembuhkan Mata Bintitan dengan Cepat

Jabarekspres.com- Kondisi mata bintitan selain mengganggu penampilan, rasa sakitnya pun menganggu. Berikut adalah cara menyembuhkan mata bintitan.

Bintitan merupakan kondisi dimana timbul benjolan berwarna merah mirip jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata.

Bintitan terjadi karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran, atau minyak berlebih.

Pada kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata.  Ketika kelenjar ini tersumbat, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan bintil berkembang.

Selain itu bintitan bisa muncul gejala lain seperti

  • terdapat rasa nyeri dan bengkak di sekitar kelopak mata
  • Mata jadi mudahberair
  • Muncul kerak di sekitar kelompak mata
  • Mata sakit dan gatal
  • Benjolan di kelopak mata tapi bukan bintitan dan tidak terasa menyakitkan bisa jadi kalazion.

 

Berukut cara mengobati mata bintitan yang berhasil kami rangkum dari laman Kontan.co.id.

  1. Kompres hangat

Kompres hangat adalah cara menghilangkan bintitan pada mata paling manjur.  Suhu hangat bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa lekas keluar secara alami.

Basahi handuk kecil bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas.  Peras kainnya agar lembab tak menetes. Baru letakkan di mata selama lima sampai sepuluh menit.

  1. Bersihkan kelopak mata dengan sabun yang ringan

Hindari membersihkan area mata dengan sabun berbahan kimia sintetis yang keras.  Gunakan jenis sabun jenis hipoalergenik dan tidak menimbulkan efek samping iritasi.

  1. Gunakan kantong teh

Kantong teh hitam adalah rekomendasi paling baik digunakan karena bisa membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri.

Caranya seduh the celup menggunakan air panas, diamkan selama 1 menit. Lalu kompres mata, biarkan kompres dengan kantong teh dingin selama lima sampai 10 menit.

Kompres bintitan dengan kantong teh dua kali sehari dan masing-masing gunakan kantong teh baru.

  1. Minum obat penghilang rasa sakit

Salah satu obat bintitan mata adalah obat penghilang rasa sakit.  Jenis obat ini bisa menghilangkan ketidaknyaman di mata karena bintitan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan