Siap-siap! Koperasi dan UKM di Jabar Akan Segera di Lakukan Pendataan

BANDUNG – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji mengatakan, Dinas KUK dalam waktu dekat akan segara melakukan Pendataan Lengkap Koperasi dan UKM.

PL UMKM rencananya akan dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Data Terpadu (SIDT) yang akan dilaksanakan serentak secara nasional mulai 1 April 2022 hingga 31 Agustus 2022.

Pelaksanaan PL KUMKM sebagai komitmen pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mensukseskan pembangunan basis data tunggal koperasi dan UMKM yang tepat, akurat dan akuntabel.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat siap untuk PL KUMKM ini. Target Jabar sebanyak 2.480.000 data UMKM yang tersebar di 24 kabupaten/ kota.

‘’Jumlah enumerator sebanyak 4.960 orang dan koordinator sebanyak 331 orang,’’kata  usmana dalam keterangannya, Sabtu, (2/4).

PL KUMKM iniu merupaan Keputusan Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop dan UKM RI Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022.

Terkait kesiapan Jabar untuk pelaksanaan PL KUMKM, di Bandung akan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2022 hingga 2024.

Untuk pelaksanaan, Kemenkop dan UKM RI selalu berkoordinasi dengan BPS sebagai Pembina data instansi kementerian/ Lembaga terkait.

Melalui kegiatan ini akan tercipta kolaborasi antara Dinas KUMKM dengan BPS di wilayah masing-masing.

‘’Kegiatan ini bertujuan untuk menyukseskan pembangunan Basis Data Tunggal KUMKM yang akurat, tepat dan akuntabel,” katanya.

SIDT-KUMKM amanah dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UKM

Ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang menugaskan Kementerian Koperasi dan UKM sebagai Walidata KUMKM.

‘’BPS sebagai Pembina Data, Kementerian/Lembaga lainnya dan Daerah sebagai Produsen Data,’’kata dia.

Kusmana menjelaskan, agenda pendataan lengkap KUMKM di tahun ini sangat padat. Pendataan dimulai dengan sosialisasi pada 24 dan 25 Januari 2022.

Kemudian dilanjutkan TOT Instruktur Provinsi yang melibatkan Dinas dan Perwakilan BPS yang dilaksanakan di Jakarta pada Februari.

Setelah itu akan dilakukan rapat koordinasi dengan Dinas KUKM Seluruh Indonesia pada Februari.

ToT instruktur kabupaten/ kota yang melibatkan Dinas dan perwakilan BPS di Bandung pada 23-24 Maret 2022 serta melakukan rekrutmen enumerator (Februari-Maret).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan