Gebyar Desa Diwarnai Kemerihan Gembrong Liweut, ‘Mapag’ Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah

SUMEDANG– Hanya berselang 2 hari, DPMD Prov. Jabar kembali menggelar acara Gebyar Desa untuk kedua kalinya. Dan kali ini, Desa Citali Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang dipilih menjadi lokasinya.

Istimewanya, Gebyar Desa yang digelar pada Kamis (31/3) dilaksanakan bersamaan dengan helaran budaya tradisi berasal dari kearifan lokal warga Desa Citali yang secara rutin diadakan setiap tahunnya menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, yaitu Gembrong Liwet saat munggahan atau papajar dalam istilah lainnya di beberapa daerah di Jawa Barat.

Sementara filosopi Gembrong Liwet sendiri, memupuk rasa kebersamaan, mempererat tali silaturahim, dan meleburkan perbedaan status golongan di tengah warga pada saat ‘ngagembrong’ atau menyantap nasi liwet bersama-sama, sekaligus menjadi ajang untuk saling memaafkan antar warga menjelang bulan suci Ramadhan.

Bahkan pula, Gembrong Liwet dimaknai sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat dan karunia yang dilimpahkan oleh Allah SWT, juga ungkapan rasa bahagia dan rasa gembira bisa bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan, bulan seribu bulan yang penuh dengan keberkahan dan ampunan.

Pada acara tersebut, dipamerkan juga beraneka produk unggulan BUMDes seperti busana muslimah, perlengkapan olahraga bulutangkis (shuttlecock), kopi, air kemasan, handycraft, makanan ringan, dan lain-lain.

Tidak ketinggalan Posyantek Desa Gudang yang merupakan Juara I Tingkat Nasional untuk kategori Posyantek Desa Berprestasi pada tahun 2021 lalu, memperkenalkan hasil karya terbarunya, yaitu burner high pressure (tungku api) dengan sistem digital.(win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan