Di Sumedang 2 Tiang Listrik Roboh, Satu Desa Gelap Gulita

SUMEDANG – Pohon tumbang  yang menimpa dua buah tiang listrik, menyebabkan kabel listrik terputus, sehingga  satu desa yakni  Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang mengalami gelap gulita karena berdampak pada padamnya listrik.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, pohon tumbang itu menyangkut kabel hingga membuat sedikitnya 2 tiang listrik patah.

Manager PLN Tanjungsari, Hasan Albanna mengatakan, akibat patahnya 2 tiang listrik tersebut mengakibatkan 4 gardu ikut terdampak, sehingga banyak warga tidak teraliri listrik.

“Untuk gardu yang terdampak ini ada 4 gardu, untuk (wilayah) masuknya Desa Pamekaran,” kata Hasan kepada Jabar Ekspres di lokasi, Senin (28/3).

Akibat 2 tiang listrik yang rusak oleh tumbangnya pohon, dijelaskan Hasan, proses perbaikannya membutuhkan waktu yang cukup lama sampai warga dapat kembali menikmati listrik.

“Mudah-mudahan lanacar nanti perbaikannya dan semoga tidak terlalu lama juga nanti (listrik) padamnya,” ucap Hasan.

Dia menuturkan, untuk proses perbaikan tiang listrik yang rusak dan mengakibatkan 4 gardu terdampak akan dilakukan dengan cepat setelah semua material kebutuhan tiang listrik datang.

“Kalau dengan estimasi misalkan material sudah datang, kita pasang tiang (listrik) itu kurang lebih 2 jam selesai, gak akan terlalu lama,” ujarnya.

“Sekarang memang kita sedang persiapkan dulu petugasnya atau personilnya,” tambah Hasan.

Sementara itu, Hasan menerangkan, pihaknya tengah melakukan penggalian lobang untuk dipasangkan tiang listrik pengganti agar desa Rancakalong tidak gelap gulita lagi.

“Sementara kita akan gali bikin lobang dulu untuk tiangnya, sehingga ketika tiang datang sudah tinggal pasang,” imbuhnya.

Hasan memaparkan, walaupun 2 tiang listrik rusak dan berdampak pada padamnya 4 gardu, aliran listrik sudah dihentikan supaya tidak berbahaya.

“Secara aliran (listrik) kita aman, artinya sudah kita amankan, sehingga tidak akan berbahaya. Hanya saja memang kendalanya di padam listriknya saja,” tutur Hasan.

Dia menyampaikan, akibat rusaknya 2 tiang listrik dan berdampak pada padamnya 4 gardu, membuat seluruh wilayah Desa Pamekaran, Kecamatan Rancakalong tidak teraliri listrik.

Diketahui, pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Rancakalong-Lebak Jati, tepatnya di area Terminal 08 Rancakalong, Sumedang sekiranya pukul 12.30 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan