Mau Segera Punya Momongan? Begini Cara meningkatkan kesuburan

Jabarekspres.com- Ketika Anda mencapai usia 30-an, Anda mungkin mulai mempertimbangkan peran usia dalam kesuburan Anda. Dibawah ini adalah cara meningkatkan kesuburan walau anda sudah berumur 30-an.

Penyebab kemandulan cenderung terbagi rata, 50/50 antara pria dan wanita, jadi ada baiknya melakukan perubahan yang sehat untuk meningkatkan kesuburan Anda sekarang.

Jika Anda seorang wanita, penting untuk menyadari kesuburan Anda seiring bertambahnya usia.

Wanita dilahirkan dengan semua sel telur yang akan mereka miliki, sehingga seiring bertambahnya usia, kuantitas dan kualitas sel telur yang dilepaskan menurun sampai mereka mencapai menopause di mana konsepsi alami menjadi tidak mungkin.

Di sisi lain, pria tanpa kondisi yang mendasarinya dapat menghasilkan sperma di dalam testis sepanjang hidup mereka.

Meskipun kuantitas dan kualitas sperma dapat berkurang seiring bertambahnya usia, pria masih dapat terus hamil secara alami. Namun, faktor lain dan usia masih dapat mempengaruhi kesuburan pria.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesuburan Anda di usia 30-an, 6 tips di bawah ini menjelaskan bagaimana pria dan wanita dapat meningkatkan kesuburan mereka untuk mencapai kehamilan yang sehat.

Berikut adalah cara meningkatkan kesuburan walau anda sudah berumur 30-an dikutip dari laman fertilityfamily.

Berhenti merokok

Pria dan wanita yang merokok telah terbukti dua kali lebih mungkin menjadi tidak subur dibandingkan mereka yang tidak.

Untuk pria, penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma, penurunan kualitas air mani dan impotensi.

Bagi wanita, penelitian menunjukkan merokok dapat mengurangi jumlah dan kualitas sel telur yang dikeluarkan.

Merokok juga dikaitkan dengan pengaruh negatif pada lapisan rahim, sehingga sulit bagi embrio untuk ditanamkan. Karena alasan ini, merokok dapat meningkatkan risiko keguguran.

Bagi banyak orang kecanduan seperti merokok sulit untuk dihentikan, tetapi jika Anda serius untuk memulai atau mengembangkan keluarga Anda, kami sarankan Anda berhenti sesegera mungkin.

Dukungan tersedia melalui NHS, hubungi dokter umum atau komunitas Anda untuk bantuan dan saran.

 

Berhenti minum alkohol

Bagi wanita, minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan siklus tidak teratur dan berkurangnya cadangan ovarium.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan