Ternyata Ini yang Terjadi Jika Kamu Kurang Tidur

Jabarekspres.com- Gangguan Insomnia adalah suatu kondisi seseorang dimana seseorang tidak dapat tertidur pada saat malam hari. Sehingga menyebabkan seseorang tersebut kurang tidur.

Ada beberapa foktor yang menyebabkan seseorang mempunyai kebiasaan tidur dengan waktu yang minim di malam hari. Seperti dari stres, kelelahan, beban pekerjaan dan lain-lain.

Namun jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menurus, maka hal tersebut dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip laman Insider, berikut adalah hal-hal yang dapat terjadi jika seseorang kekurangan tidur.

  1. Dapat merusak kesehatan mental

Minimya waktu tidur dapat mempengaruhi mood seseorang dan dapat juga meningkatkan stres.

Orang dengan gangguan insomnia mempunyai kemungkinan 17 kali lebih besar terjadinya kecemasan klinis.

Hal ini berhubungan dengan kemampuan otak untuk mengatur emosi. Jika seseorang kekurangan tidur maka hal tersebut dapat menyebabkan gangguan mood dan pikiran negatif.

  1. Memori dan kemampuan belajar berkurang

Para peneliti mengemukakan jika seseorang hanya lima jam kurang tidur dalam periode sehari, maka hal tersebut dapat mentyebabkan putusnya hubungan antara neuron di hippocampus (bagian otak yang berhubungan dengan memori).

Minimnya jam tidur juga dapat menyebabkan terganggunya salah satu kemampuan otak dalam mengeluarkan beta-amiloid, protein dalam cairan antara sel-sel otak yang telah dikaitkan dengan kehilangan memori dan jenis penyakit Alzheimer.

  1. Meningkatnya resiko penyakit jantung

Menurut National Sleep Foundation, jika seseorang minim tidur setidaknya 7 jam dalam sehari dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung. Seperti serangan jantung dan stroke tanpa melihat usia, berat badan, atau seseorang tersebut merokok atau berolahraga.

Saat seseorang tertidur dengan baik di malam hari, maka tekanan darah akan turun sekitar 10 persen hingga 20 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *