Darul Hikam Education Conference Tahun Ini, Soal Pendidikan Indonesia Hadapi Metaverse

BANDUNG – Bersamaan dengan peringatan milad Yayasan Darul Hikam ke-56, pihaknya bakal melangsungkan Darul Hikam Education Conference (DHEC) 2022 pada Senin-Selasa (28-29 Maret) pekan depan.

Dalam penyelenggaraan yang keempat kalinya ini, DHEC 2022 mengusung tema Metaverse dan Pendidikan. Secara khusus bakal mengkaji perihal kesiapan bidang pendidikan di Indonesia menyambut teknologi 4.0, tepatnya, perihal perkembangan metaverse.

“Metaverse dipilih sebagai tema tahun ini karena metaverse sedang hangat diperbincangkan termasuk dalam sektor Pendidikan,” ungkap Ketua Pelaksana DHEC 2022, Yulidzar kepada wartawan saat ditemui di SMP Darul Hikam, Rabu (23/3) tadi.

“Dalam dunia Pendidikan, metaverse sendiri akan membantu proses pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif,” katanya.

Untuk mengerucutkan tema yang begitu luas, lanjutnya, tema tersebut dibagi menjadi beberapa subtema bahasan:

“Metaverse: Peluang atau Ancaman dalam Dunia Pendidikan, Kurikulum Adaptif dalam Metaverse, Penyiapan SDM untuk Pendidikan Era Metaverse, Design Pendidikan Karakter Era Metaverse, Teknologi 4.0 di Ruang Kelas Abad ke-21,” katanya.

Ia menambahkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya turut mengundang para guru, dosen atau mahasiswa untuk menyajikan praktik, baik, ide-ide baru terkait dengan isu yang diangkat.

“Oleh karena itu, kami membuka Call for Paper (Undangan menyajikan makalah). Dimana makalah yang terpilih akan dipresentasikan dalam sesi pararel di DHEC ke-4. Selain itu, makalah yang terpilih akan diterbitkan dalam jurnal nasional ber-ISSN atau Jurnal Internasional,” jelasnya.

Dia melanjutkan, Darul Hikam Education Conference tahun ini  terbuka bagi pegiat Pendidikan Indonesia yang ingin memperbaharui pengetahuan terkini di bidang Pendidikan dan metaverse.

“Mereka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta dalam DHEC. Kami menargetkan sekitar 100 orang hadir di venue acara dan sekitar 150 – 200 peserta online,” pungkasnya.

Sementara, Direktur Perguruan Darul Hikam, Ruri. B Ramadhanti mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sekaligus kontribusi pihaknya untuk dunia Pendidikan Indoensia

“Tujuan dari DHEC 2022 adalah memberikan pengetahuan tentang isu-isu aktual dalam mengembangkan pendidikan yang tepat untuk Pendidikan Indonesia,” ungkapnya saat konferensi pers DHEC 2022, Rabu (23/2) siang tadi.

“Secara khusus tahun ini memberikan gambaran tentang arah Pendidikan Indonesia dalam menyongsong era metaverse,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan